Kim Jong-un Periksa Hulu Ledak Bom Hidrogen

Jakarta (LR) —  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan memeriksa sebuah bom hidrogen yang bisa dimasukkan ke dalam rudal balistik antar benua (ICBM) milik negara tersebut.

Belum diketahui apakah Korea Utara berhasil memiliki rudal balistik yang mengangkut bom hidrogen. Namun seperti dilansir AFP, Kim Jong-un kepada kantor berita milik pemerintah, KCNA, Minggu (3/9), memastikan komponen bom hidrogen itu merupakan buatan dalam negeri.

Kim Jong-un menempuh manuver itu di tengah ketegangan yang semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir di Semenanjung Korea.

Sebelumnya, Korea Utara telah melakukan uji coba peluru kendali balistik jarak menengah pada Selasa. Rudal itu meluncur meintasi Hokkaido, Jepang dan jatuh di Samudra Pasifik Utara.

Korut juga sempat mengancam meluncurkan empat rudal ke laut di dekat Guam, lokasi yang jadi salah satu pusat keberadaan militer AS di Pasifik.

Ancaman itu dilontarkan setelah Presiden Donald Trump mengancam akan memberikan “api dan kemarahan” kepada pemerintahan Kim jika ia terus mengancam Amerika.

Sikap agresif Korut itu langsung direspons oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat dengan menggelar latihan bersama angkatan udara.

Dua pesawat pengebom nuklir Amerika Serikat diterbangkan di atas Semenanjung Korea, Kamis (31/8), dua hari setelah peluru kendali Korea Utara diluncurkan melintasi Jepang.

Pemimpin Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump juga sepakat meningkatkan batas jarak tempuh rudal balistik Seoul untuk meningkatkan pertahanan terhadap Korea Utara. (cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas