Indonesia Kecam Uji Coba Nuklir Korut

Jakarta (LR) — Pemerintah Indonesia mengecam uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Tindakan uji coba itu disebut bertentangan dengan resolusi-resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Tindakan uji coba tersebut bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi-resolusi DK PBB terkait,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, dikutif dari detik.com, Senin (4/9/2017).

Arrmanatha menegaskan uji coba nuklir itu dapat melepaskan materi radioaktif yang tersebar ke berbagai kawasan. Materi itu yang disebut dapat membayahakan lingkungan dan kesehatan dunia.

“Uji coba bom nuklir melepaskan berbagai materi radioaktif ke berbagai kawasan yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan populasi dunia,” tegasnya.

Stabilitas kawasan juga kata Arrmanatha yang menjadi pertimbangan Indonesia menolak keras uji coba nuklir tersebut. Karena itu, pemerintah Indonesia mengimbau semua pihak untuk terus mewujudkan terciptanya dunia yang aman dari ledakan senjata nuklir.

“Indonesia kembali menegaskan arti penting stabilitas di Semenanjung Korea dan mengajak semua pihak untuk berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian, termasuk dengan mewujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas