Karnaval Pesona Danau Toba Digelar 9 September 2017

Jakarta (LR) – Kawasan wisata Danau Toba bakal menggelar acara yang meriah, yakni Karnaval Pesona Danau Toba 2017. Acara yang berpusat di Kota Balige, Sumatera Utara (Sumut) itu akan berlangsung pada 9-10 September mendatang.

Karnaval Pesona Danau Toba adalah acara tahunan yang selalu digelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata setempat. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong, mengatakan kalau sampai minggu ini persiapan penyelenggaraan acara sudah 100 persen.

Ultri juga mengatakan kalau beragam kesenian, kebudayaan, dan tradisi khas Sumut akan menjadi bintang utama dalam acara tersebut.

“Kami memperkirakan peserta akan berjumlah 2.000 orang. Jajaran pejabat pemerintah pusat dan daerah juga akan kami undang,” ujar Ultri, seperti yang dilansir dari Antara pada Senin (4/9).

Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu-tunggu dalam Karnaval Pesona Danau Toba ialah parade perahu hias beraneka warna dan bentuk yang akan wara-wiri di Danau Toba.

Sebelumnya, ratusan perahu akan menepuh pelayaran dari Soposurung hingga Balerong. Di sepanjang pelayaran itu, terdapat beberapa objek wisata yang menarik. Seperti Pasar Tradisional Balerong, pasar dengan enam bangunan megah berhiaskan ukiran khas Batak Gorda.

Tak hanya di perairan, kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba juga berlanjut di daratan. Pesta Hiburan Rakyat yang berpusat di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige akan menampilkan panggung hiburan dan pasar rakyat.

Kemenpar memang sangat agresif dalam mempromosikan kawasan wisata Danau Toba atau yang disebut ‘Monaco of Indonesia’ ini. Danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi pada 75 ribu tahun yang lalu ini dimasukkan dalam daftar 10 Bali Baru, daftar pengembangan berbagai tujuan wisata yang diharapkan dapat digemari turis seperti Pulau Dewata.

Selain menggelar acara, sejumlah pengembangan juga dilakukan agar turis semakin nyaman datang ke Danau Toba. Jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat akan dibangun tahun depan.

Akses transportasi yang sudah ada juga dibenahi, seperti Bandar Udara Silangit Toba. Saat ini telah ada penerbangan langsung dari Jakarta-Kualanamu maupun Batam.

“Danau Toba sudah memiliki potensi, tapi akan kami poles sehingga lebih menarik. Sama seperti Pulau Seribu, Borobudur, dan Bromo,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada beberapa waktu yang lalu.

Arief berharap, jumlah pengunjung Karnaval Pesona Danau Toba 2017 dapat meningkat pada tahun ini, sehingga target kedatangan turis sebanyak 1 juta orang ke Danau Toba dapat tercapai pada 2019.

“Tak hanya kemeriahan, acara seperti ini juga harus memberi dampak bagi pendapatan masyarakat di daerahnya, seperti menciptakan lapangan kerja baru di bidang wisata,” pungkas Arief. (cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas