AS Kerahkan Armada Tempur ke Semenanjung Korea

Seoul (LR) — Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan lebih banyak aset-aset militer strategis ke Semenanjung Korea. Pengiriman ini dilakukan di tengah panasnya situasi di kawasan tersebut akibat nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap News Agency, Selasa (5/9/2017), Komandan Armada Pasifik AS, Laksamana Scott Swift, menekankan, meskipun Korsel berdiri paling dekat dengan ancaman Korut, negara sekutu AS ini tidak akan menghadapinya

Berbicara dalam Simposium Kekuatan Maritim Internasional di Seoul, Laksamana Swift menyebut aksi rezim Korut yang dipimpin Kim Jong-Un sangat menghancurkan diri sendiri dan tidak rasional. Swift merujuk pada rentetan peluncuran rudal balistik dan ancaman perang nuklir dari Korut.

“Kami akan terus mengerahkan pasukan penyerang kapal induk, pasukan penyerang ekspedisi, kapal-kapal AEGIS, pasukan kapal selam paling cakap di dunia dan pesawat canggih seperti F-35, P-8 dan MH-60R yang dipersiapkan untuk memberikan respons paling tegas ketika diperlukan,” ucap Laksamana Swift.

“Hari ini, platform kita memiliki jangkauan lebih jauh, yang saling berhubungan dan lebih mematikan dari yang pernah ada sebelumnya,” imbuhnya.

Laksamana Swift menambahkan, operasi militer AS di Pasifik terintegrasi dengan Angkatan Laut Korsel dan Jepang dalam menghadapi ancaman rudal balistik dan perang kapal selam. Dia menyatakan keyakinannya bahwa armada AS di Pasifik mampu menjaga kawasan Indo-Asia-Pasifik.

“Biarkan musuh potensial kita menyadari bahwa satu-satunya pasukan Angkatan Laut yang jauh lebih kuat dari Armada Pasifik AS adalah Angkatan Laut Amerika Serikat secara keseluruhan,” tegasnya.

Laksamana Swift akan menggelar rapat dengan Menteri Pertahanan Korsel, Song Young-Moo, untuk membahas situasi terkini.

Sebelumnya, Young-moo mengatakan pada parlemen Korsel bahwa pemerintah telah meminta AS untuk mengerahkan kapal induk bertenaga nuklir, kapal selam nuklir dan pesawat pengebom strategis ke Semenanjung Korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas