Kemenhan Bantah Uji Coba Roket di Rumpin Bogor

Jakarta (LR) — Sebuah roket diduga milik Kementerian Pertahanan (Kemenhan) jatuh di kawasan Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Kemenhan membantah melakukan uji coba peluncuran roket di kawasan tersebut.

“Kita nggak ada uji coba. Saya sudah tanya ke Badiklat (Badan Pendidikan dan Latihan), nggak ada,” kata Kapuskom Publik Kemhan Kolonel Totok Sugiharto saat dikonfirmasi, seperti dikutif dari detik.com Rabu (6/9/2017).

Roket tersebut ditemukan jatuh di Kampung Parigi RT 03/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Roket jatuh di kebun bambu milik warga.

Menurut Totok, apabila ada uji coba peluncuran roket, maka akan ada pejabat yang diundang. Ia menyebut sama sekali tak mendengar kabar soal uji coba tersebut.

“Biasanya kalau kita ada uji coba, direktur-direktur diajak. Ini kabadiklat saja lagi ada dinas. Di Kemenhan nggak ada berita-berita apa-apa (ada uji coba)” ujar Totok.

Sebelumnya Kapolres Bogor AKBP M Dicky Gading Pastika menuturkan kejadian berawal saat uji coba roket dilakukan pada Selasa (5/9) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB. Dikarenakan kesalahan teknis, selongsong roket justru terbang ke arah utara dengan jarak 1 km dari titik awal.

“Memutar, kemudian jatuh sekitar jam 10.30 WIB di pepohonan bambu milik warga. Pihak Lapan melaksanakan penelitian penyebab roket jatuh, dan upaya Lapan mengumpulkan warga untuk memberikan penjelasan dan antisipasi keresahan di lokasi jatuhnya selongsong,” tutur Dicky, saat dimintai konfirmasi, Rabu (6/9).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas