Bumiputera Mulai Pangkas Karyawan Tahun Depan

Jakarta (Lentra) – AJB Bumiputera 1912 (AJBB) bakal memangkas jumlah karyawan mulai tahun depan. Hal ini dilakukan untuk menekan beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tiap bulannya.

Pengelola Statuter AJBB bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Adhie Massardi menjelaskan, pengurangan tersebut tidak akan mengganggu operasional perusahaan. Pasalnya, kegiatan usaha AJBB semakin minim setelah tak menerima polis baru.

“Kan secara organisasi AJBB sudah lebih sederhana. Jadi, pasti ada kelebihan karyawan,” ucap Adhie kepada CNNIndonesia.com, Kamis malam (7/9).

Saat ini, seluruh operasional AJBB telah dialihkan ke PT AJB, kecuali kewajiban pembayaran klaim oleh AJBB. PT AJB sendiri sudah mulai beroperasi sejak awal tahun.

Kemudian, PT AJB akan memberikan 40 persen keuntungannya untuk AJBB selama 12 tahun. Nantinya, dana itu akan digunakan untuk membayar klaim yang diajukan pemegang polis AJBB.

Jumlah pemegang polis di AJBB sendiri saat ini mencapai 6,5 juta dengan total klaim yang diprediksi mencapai Rp25 triliun hingga 2080 mendatang.

Lebih lanjut Adhie menuturkan, AJBB akan menawarkan program pensiun dini bagi para karyawannya. Dengan demikian, AJBB tidak akan menggunakan mekanisme pemecatan secara paksa.

“Jadi, yang mau duluan saja, tidak ada paksaan,” tegas dia.

Namun, manajemen tidak akan menawarkan program itu kepada sembarang karyawan. Saat ini, AJBB masih menghitung jumlah karyawan yang dibutuhkan dan mekanisme lainnya dalam mengurangi jumlah karyawan.

“Kami siapkan dana untuk mengurangi jumlah karyawan antara Rp250 miliar-Rp300 miliar untuk tunjangan pensiun,” jelas Adhie.

AJBB akan menggunakan dana kas internal untuk membayar tunjangan pensiun kepada karyawannya. Menurut dia, pihaknya menghindari pinjaman dana perbankan, karena tidak ingin menambah beban.

“Kami maunya tidak ada masalah baru, kan kami mau selesaikan tanggungjawab. Kalau pinjam malah ada masalah,” pungkasnya. (cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas