Cara Transaksi Bank saat Ribuan ATM Bermasalah

Jakarta (LR) – Ribuan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM bank masih tidak dapat berfungsi alias offline akibat gangguan jaringan satelit Telkom1. Lalu, bagaimana agar nasabah tetap bisa bertransaksi dengan aman?

Di awal pekan ini, kerusakan ATM bank menjadi topik hangat, di media online maupun di gedung-gedung perkantoran. Kebetulan, di awal bulan masih tergolong tanggal muda sehingga banyak pegawai harus bertransaksi di ATM untuk membayar cicilan.

Sebenarnya gangguan transaksi tidak hanya di ATM. Dalam beberapa kasus, transaksi melalui mobile banking juga sempat mengalami gangguan.

Gangguan menimpa beberapa bank besar: yakni Bank BCA, Bank Mandiri, dan Bank BRI. Bank BCA mengungkapkan, dalam konferensi pers, ATM yang terganggu mencapai 5.700 ATM atau sekitar 30 persen dari total ATM BCA. Kebanyakan ATM BCA yang terganggu di pusat belanja di Jabodetabek dan kota lainnya.

Gangguan ini bersumber dari Satelit Telkom 1 milik PT Telkom Tbk.

Satelit berusia 18 tahun tersebut mengalami anomali, menggunakan istilah Telkom, sehingga jaringan ATM Bank bermasalah. Nasabah bank yang ingin menggunakan jaringan ATM ikut terkena imbasnya.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui seputar gangguan transaksi ini, seperti dikutip dari HaloMoney.com, Senin 11 September 2017:

1. Gangguan diperkirakan hingga 10 September 2017

Dalam keterangan resminya, Telkom mengatakan proses migrasi dari Telkom 1 ke satelit pengganti ditargetkan paling cepat hingga 10 September 2017. Artinya, gangguan jaringan ATM Bank masih akan terjadi pada pekan ini.

2. BCA mengganti biaya tarik tunai di bank lain

Bank BCA memutuskan untuk mengganti biaya tarik tunai di ATM bank lain. Biaya tarik tunai dengan kartu debit BCA di ATM bank lain sebesar Rp7.500 per transaksi. Fasilitas gratis ini berlangsung sejak 26 Agustus hingga 8 September 2017.

Perlu kamu catat, perhitungan gratis dari BCA adalah sebagai berikut: nasabah tetap akan dibebankan biaya komisi Rp7.500 saat transaksi, tetapi BCA akan menggantikannya pada akhir bulan secara otomatis.

Fasilitas gratis ini khusus untuk tarik tunai. Kalau cek saldo atau transfer dengan kartu debit BCA di ATM bank lain tetap terkena biaya. Alasan BCA, cek saldo dan transfer masih bisa dilakukan di ATM BCA.

3. Transaksi ATM di kantor unit dan cabang

Kebanyakan gangguan ATM terjadi di pusat belanja atau pertokoan. Namun ATM yang ada di kantor cabang atau unit, umumnya masih berfungsi normal untuk tarik tunai, transfer maupun cek saldo.

Bank BCA misalnya, menganjurkan nasabahnya yang ingin bertransaksi di ATM untuk mencari ATM BCA di kantor unit dan kantor cabang atau kantor cabang pembantu BCA. ATM tersebut masih berfungsi karena memiliki jaringan yang berbeda dengan ATM di pusat belanja dan pertokoan.

4. Tarik tunai di Indomaret atau AlfaMart

Alternatif lainnya untuk melakukan tarik tunai ialah melakukan tarik tunai di Indomaret dan Alfamart. Hanya saja nilainya terbatas, sesuai ketersediaan dana di Indomaret atau Alfamart yang kamu datangi. Selain itu, kamu harus berbelanja dahulu minimal Rp 20 ribu sebelum melakukan tarik tunai di kasir. (Viva.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas