Sosialisasi Doktrin Kartika Eka Paksi Kodam II/SWJ

Palembang (Lentra) — Kodiklat TNI AD, Selasa (19/9/2017) melaksanakan sosialisasi Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi kepada para Asisten, Komandan Satuan dan Kepala Balakdam II/Swj serta perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama satuan jajaran Kodam II/Swj bertempat di Gedung Sudirman, Makodam II/Swj Palembang.

Tim Sosialisasi Doktrin TNI Kartika Eka Paksi terdiri 5 Perwira,  yang dipimpin oleh Dirdok Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han), dalam kesempatan sosialisasi mengatakan bahwa sosialisasi ini dimaksudkan agar seluruh prajurit TNI AD memahami semua isi yang terkandung dalam Doktrin TNI AD hasil revisi tahun 2017.

Doktrin TNI AD, menurut  Dirdok Kodiklat TNI AD merupakan suatu pedoman, berisikan ajaran-ajaran yang diyakini kebenarannya, bersifat tidak dogmatis, sesuai perkembangan lingkungan strategis, dilandasi pengalaman sejarah perjuangan yang panjang, dan tetap memegang teguh prinsip perjuangan TNI-AD.

“Revisi doktrin TNI AD perlu terus dilakukan untuk menjawab tuntutan perubahan sesuai kebutuhan organisasi, perkembangan lingkungan strategis, dan ilmu pengetahuan/teknologi, hakikat ancaman, serta modernisasi alutsista. Revisi ini dilakukan melalui pertimbangan dan pengkajian yang kritis disertai pemikiran-pemikiran holistik, integral, dan komprehensif dari berbagai aspek termasuk pengalaman sejarah perjuangan dan perkembangan TNI AD”, jelas Brigjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han).

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH MH menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim sosialisasi Kodiklat TNI AD atas pelaksanaan sosialisasi ini guna memberikan pencerahan dan pemahaman kepada seluruh prajurit Kodam II/Swj tentang Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas serta pada gilirannya ikut mensosialisasikan kepada seluruh prajurit di satuannya.

“Seluruh prajurit TNI AD dituntut untuk memahami, melaksanakan, mengamalkan dan memasyarakatkan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi ini dengan sebaik-baiknya”, ujarnya.

Kegiatan sosialisasi doktrin diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, dilanjutkan pemutaran film Doktrin Kartika TNI AD, penyampaian materi sosialisasi oleh Tim sosialisasi dan sesi tanya jawab serta diakhiri dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”

Materi Doktrin Kartika TNI AD yang disosialisasikan meliputi 9 Bab antara lain meliputi bab latar belakang, Hakikat, kedudukan dan landasan Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, Sejarah TNI AD, peran, tugas dan fungsi TNI AD, hakekat ancaman sampai dengan bab terakhir penutup. (Pendam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas