Jembatan Musi IV Akan Dipasang Alat Sensor Beban

Palembang (Lentera Rakyat)  — Pihak Pembangunan Jembatan Musi IV akan memasang sebanyak 42 alat sensor  pada badan jembatan Musi IV Palembang, sensor yang dipasang untuk mengetahui tegangan-tegangan yang terjadi pada kabel-kabel jembatan dan badan jembatan itu sendiri.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek Jembatan Musi IV Palembang, Suwarno, jum’at (22/09?2017) mengatakan sensor yang dipasang untuk mengetahui tegangan-tegangan yang terjadi pada kabel-kabel jembatan dan badan jembatan itu sendiri dan juga untuk mengetahui limit kekuatan komponen jembatan.

“Jadi kalau sudah diambang batas maka sensor akan berbunyi dan arus lalu lintas diatas jembatan akan dihentikan dulu untuk dilakukan evaluasi keselamatan jembatan,” ucapnya Suwarno saat diwawancarai dilokasi pembangunan jembatan Musi IV.

Suwarno juga mengatakan, sensor yang akan dipasang akan disimpan pada satu server yang akan terhubung pada Pusat Data dan Informarsi (Pusdatin) Kementerian Pekerjaan Umum.

“Setelah terhubung dengan Pusdatin Kementerian PU, selanjutnya akan tersambung dengan ponsel ahli jembatan ataupun orang yang berkompeten di bidang jembatan untuk melakukan pengawasan. Jadi kita bisa tahu sumber penyakit jembatan tersebut. Juga dapat mendeteksi dini beban maksimalnya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan  jembatan Musi IV Palembang yang akan menggunakan teknologi sensor  sudah dipasang pada beberapa jembatan di Indonesia, seperti jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura dan jembatan Merah Putih di Ambon.

“Suramadu dan Merah Putih hampir sama dengan Musi IV. Jadi disana sudah duluan pakai sensor,” ungkapnya. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas