BI dan Lanal Launching Kapal Kas Keliling Sungai

Palembang (Lentera Rakyat– Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI AL melaksanakan launching kapal kas keliling menyusuri Sungai Musi.Hal itu dilaksanakan untuk mendukung upaya pelaksanaan tugas BI yaitu Kegiatan ini berlangsung di Pelabuhan Boom Baru Palembang,  Senin, (25/9/2017).

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Kanwil Sumsel, M. Seto Pranoto mengatakan, Lounching Kas Kapal Keliling, kegiatan ini merupakan wujud dan tanggungjawab Bank Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang yang layak edar kepada masyarakat, khususnya di daerah terpencil yang sulit dijangkau melalui sarana angkutan darat.

“Untuk itu kami memerlukan dukungan dan kerjasama  dengan TNI AL yang memiliki sumberdaya berupa armada kapal yang mampu menjangkau daerah terpencil,”kata Seto.

Seto juga menambahkan, Kegiatan kas kapal keiiling yang kita Lauching sekarang ini merupakan bentuk nyata Bank Indonesia di bidang pengedaran uang yaitu Memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominai yang cukup.

“Dalam hal ini jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondinsi yang layak edar, “tambahnya.

Undang-Undang No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang daiam pasai 22 disebutkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan Rupiah di masyarakat dalam jumlah  yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, dan daiam kondisi yang layak edar maka dilakukan penukaran Rupiah oleh Bank Indonesia. bank yang beroperasi di Indoenesia, atau pihak Iain yang ditunjuk oleh Bank Indonesia.

Selain dengan cara penukaran dan menukarkan uang lusuh di masyarakat yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Perbankan.

“Selain itu kami juga mendorong masyarkat dan lembaga pemerintah agar menggunakan Instrumen pembayaran non tunai. “Sehingga berangsur-angsur terbentuk less cash soccety dalam “transaksi kegiatan ekonomi,” Bank Indonesia mendorong transaksi non tunai antara lain karena lebih aman dan nyaman,”Ungkapnya.

Seiain itu transaksi juga lebih cepat sehingga perputaran bisnis juga semakin kencang, ekonomi akan lebih efisien dan bergerak iebin cepat.

“Untuk itu dapat menjadikan uang Rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat  bangga memiiiki Rupiah sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh rakyat Indonesia”,katanya. (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas