Komsos Kreatif Korem 044/Gapo, Lestarikan Nilai Budaya Nusantara

Palembang (Lentera Rakyat) — Dalam rangka melaksanakan program komunikasi sosial (Komsos) kreatif TA 2017, Korem 044/Garuda Dempo menggelar kegiatan lomba baca puisi dan lomba tarian kesenian daerah bertempat di Balai Prajurit Korem 044/Garuda Dempo Jln. Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Rabu (27/9/2017).

Perlombaan dalam kegiatan Komsos kreatif TA 2017 ini diikuti sebanyak 21 orang baca puisi dan 7 kelompok tari kesenian daerah yang merupakan siswa siswi SMU sederajat perwakilan dari masing-masing Kodim jajaran Korem 044/Garuda Dempo. Dimana peserta tersebut sebelumnya sudah terlebih dahulu mengikuti lomba ditingkat Kodim dan dari jumlah peserta ini adalah para pemenang lomba tingkat Kodim yaitu juara I untuk lomba tari kesenian daerah tingkat Kodim dan juara I, II dan III untuk lomba baca puisi tingkat Kodim.

Sebelum acara lomba dimulai, diawali dengan sambutan Danrem yang dibacakan oleh Kasiter Korem 044/Garuda Dempo Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H., M.H. Dalam sambutannya Danrem menyampaikan lomba baca puisi dan lomba tarian kesenian daerah yang dilaksanakan kali ini merupakan wujud dan usaha untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa, yang merupakan perwujudan dari kemanunggalan TNI dengan Rakyat khususnya generasi muda untuk menciptakan kondisi lingkungan sosial yang lebih kondusif melalui lomba seni nusantara sebagai ciri budaya bangsa.

Lebih lanjut Danrem mengatakan Panglima TNI telah menetapkan pada kegiatan peringatan HUT TNI ke-72 tahun 2017 harus ditandai dengan keterlibatan masyarakat dalam membangun karakter bangsa yang bercirikan Nusantara, keterlibatan TNI harus memberikan dampak positif khususnya bagi generasi muda. TNI sebagai garda terdepan dalam mengamankan dan mempertahankan NKRI, bertanggung jawab moral terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi muda. Untuk itu TNI mengajak seluruh generasi muda turut serta dalam membangun bangsa dan negara.

“Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya dapat mengambil nilai-nilai luhur, sebagai landasan berfikir, bersikap dan bertindak yang positif dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam membangun bangsa sesuai dengan bidang keahlian masing-masing menuju Indonesia yang lebih baik, serta menanamkan arti pentingnya berbudaya, berbangsa dan bermasyarakat,” terang Danrem.

Dalam pementasan tersebut dinilai dengan tim dewan juri dari Dewan Seni Kota Palembang. Dari hasil penilaian yang dibacakan oleh tim juri, lomba baca puisi dengan kreteria penilaian Vokal, interprestasi dan penyajian, keluar sebagai juara I baca puisi ” Maitsarana Ishmaturadhwa” Siswa SMAN 1 Palembang perwakilan dari Kodim 0418/Palembang, juara II “Amira Assyiffa” Siswi SMAN 2 Muara Enim perwakilan dari Kodim 0404/Muara Enim, juara III “Fildzah Fakhrani“ Siswi SMAN 1 Lubuk Linggau perwakilan dari Kodim 0406/Mura.

Sedangkan untuk penilaian lomba tari kesenian daerah didasarkan atas kriteria gerak, ungkap dan penyajian. Sebagai pemenangnya juara I Siswa Siswi MAN 1 Model Lubuk Linggau perwakilan dari Kodim 0406/Mura, juara II Siswa Siswi SMKN 5 Palembang perwakilan dari Kodim 0418/Palembang dan juara III Siswa Siswi SMAN 3 Unggulan Kayu Agung perwakilan dari Kodim 0402/OKI.

Masing-masing juara mendapatkan trophy, piagam dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Kasiter Korem 044/Garuda Dempo dan selajutnya peserta yang keluar sebagai juara lomba baca puisi maupun tari kesenian daerah akan mewakili Korem 044/Garuda Dempo berlaga di tingkat Kodam II/Sriwijaya. (Penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas