Pangdam dan Danrem 044/Gapo Turut Donor Darah

Pangdam II/Swj Mayjen AM Putranto (kanan) dan Danrem 044 Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo (kiri)

Palembang (Lentera Rakyat) — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-72 tahun 2017, jajaran Kodam II/Sriwijaya mengisinya dengan berbagai kegiatan salah satunya bakti sosial donor darah pada hari Rabu mulai pukul 09.00 Wib yang dilakukan di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang Jl. Kartini Kecamatan Bukit Kecil Palembang.

Pada kegiatan donor darah yang diikuti oleh 485 prajurit dari berbagai satuan yang ada di wilayah Palembang, dihadiri Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos. yang didampingi Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. dan Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Ramos Herlandes, SE., M.Si., M.M., tak hanya menggelorakan kegiatan donor darah bagi anggota jajarannya, namun mereka  turut serta mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di seluruh Korem jajaran Kodam II/Sriwijaya, untuk di wilayah Korem 044/Gapo (Palembang red), pelaksanaannya difasilitasi oleh Pemkot Palembang. Ini sebagai bentuk sinergi pemerintah dengan prajurit TNI,” kata Pangdam II/Sriwijaya.

Lebih lanjut Jenderal bintang dua ini mengatakan, selain donor darah, Kodam II/Swj juga membantu masyarakat dalam pembuatan sumur dikawasan terpencil hingga renovasi rumah pejuang. “Dari 167 RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), kami sudah merenovasi 130 rumah pejuang, semuanya dibantu perusahaan melalui program CSR mereka, sisanya akan kita renovasi secara swadaya prajurit TNI,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Ramos Herlandes, SE., M.Si., M.M. menambahkan, kegiatan donor darah sebagai rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-72 di wilayah Kodim 0418/Palembang. Dari 485 orang peserta yang hadir dalam bakti sosial ini, hanya 270 orang yang bisa mendonorkan darah. “Dari beberapa diantara peserta yang tidak bisa mendonorkan darahnya, karena faktor kesehatan,” terangnya.

Wakil Walikota Palembang Hj. Fitranti Agustinda, S.H. yang turut hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar jajaran TNI dalam rangka HUT TNI ke-72. Menurutnya saat ini stok darah di Kota Palembang cukup aman, dan memastikan bahwa darah yang disiapkan PMI merupakan darah yang segar dan layak untuk pasien. “Kita bersyukur dengan alat canggih yang dimiliki PMI Kota Palembang, sehingga darah ini benar-benar darah yang bersih,” pungkasnya. (penrem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas