Kodam II/Swj Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq,

Palembang (Lentera Rakyat) — Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis. Segenap warga Kodam II/Swj, Minggu, (1/10/2017) menggelar upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2017 bertempat di lapangan Makodam II/Swj – Palembang.

 
Upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH, MH. Bertindak sebagai Komandan Upacara Danyonkav 5/DPC Letkol Kav Budi Wirman S.Sos. Upacara  yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, antara lain ditandai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Pangdam II/Swj sebagai inspektur upacara serta ditirukan oleh seluruh peserta upacara. Sebelum dan sesudah pembacaan teks Pancasila, diperdengarkan musik tanda kebesaran buka dan tutup, serta penghormatan oleh seluruh peserta upacara.
 
Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan do’a untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia oleh seorang perwira menengah, serta dibacakan Ikrar, yang berisi bahwa pertama, sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI; kedua rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara; dan ketiga, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.
 
Semua yang hadir  juga membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.
 
            Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH, MH, usai upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dihadapan seluruh peserta upacara menyampaikan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.  Pancasila juga menjadi way of life, pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Kasdam II/Swj juga mengingatkan untuk waspada terhadap ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, termasuk ideologi komunis dan organisasi tanpa bentuk, yang menyusup dalam berbagai lini kehidupan.
 

            Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut juga dihadiri oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Asisten Kodam II/Swj, LO Angkatan Laut dan LO Angkatan Udara, para Komandan dan Kabalak Kodam II/Swj, serta segenap para prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang. (Pendam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas