Danrem 044/Gapo Pimpin Rakor Persiapan Pelantikan Pengurus FONI Sumsel

Danrem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo (kiri) dan Ketum FONI Sumsel Belman Karmuda (kanan)

Palembang (Lentera Rakyat) —  Presiden Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.I.P. memimpin rapat koordinasi dalam rangka persiapan pelantikan pengurus daerah (Pengda) FONI Sumsel bertempat di Ruang Yudha Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Jumat (6/10/2017).

Dalam sambutannya Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.I.P. menyampaikan bahwa awalnya olahraga Orienteering diperkenalkan pada pelaksanaan Olimpiade Militer Dunia tahun 2010 di Rio De Janeiro Brazil. Namun sebenarnya olahraga ini sudah ada sejak abad ke-19 di Swedia, “Orienteering” sebenarnya pertama kali digunakan pada tahun 1886 yang berarti melintasi suatu daerah yang tidak diketahui dengan bantuan peta dan kompas, di negara-negara Eropa Timur menjadi sesuatu yang wajib bagi anak-anak.

“Di Indonesia organisasi olahraga Orienteering sudah terdaftar dan memiliki AD-ART, dan sudah ada lebih dari 10 kepengurusan tingkat Provinsi di seluruh Indonesia,  bukan saja dikalangan militer, tapi kepengurusan sipilpun sudah ada, termasuk di Provinsi Sumsel juga sudah terbentuk dan insya’allah minggu (8/10) besuk kita lantik” terang Kunto.

Lebih lanjut Kolonel Inf Kunto berharap, masyarakat dapat mencoba olahraga Orienteering ini, jangan ditakuti dengan bayangan yang tidak-tidak, karena olahraga ini termasuk salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas dalam melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain, yang cocok untuk orang berjiwa petualang.

“Nah, di Indonesia khususnya Sumsel olahraga ini belum begitu familier, kita harapkan dengan sudah dibentuknya kepengurusan, olahraga ini makin populer dikalangan masyarakat Sumsel, dan kedepan dapat diselenggarakan perlombaan olahraga Orienteering ini, seperti Gubernur Cup”, harapnya.

Sementara itu Ketua Mapala Hiawata, Jevi Chandra Kesuma menyatakan siap menjadi bagian untuk membesarkan FONI di wilayah Sumatera Selatan dan siap mendukung dalam setiap event yang akan diselenggarakan.

“Kami sudah siap 17 club yang tersebar di Kabupaten dan Kota wilayah Sumsel untuk mengikuti event olahraga Orienteering”, terang Chandra.

Pembina FONI Sumsel yang juga Katopdam II/Sriwijaya Kolonel Ctp Ir. Muhidi turut mengapresiasi penyelenggaraan event olahraga Orienteering di wilayah Sumsel yang akan selalu mendukung kebutuhan perlengkapan berupa peta maupun kompas yang digunakan dalam kegiatan olahraga ini.

“Peta dan kompas perlengkapan yang diperlukan untuk event olahraga Orienteering akan kami dukung”, terang Katopdam. (Penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas