Pangdam II/Swj Kunjungi warga Desa Sumber Rejo Musi Rawas

Musi Rawas (Lentera Rakyat)  –Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen AM Putranto melakukan kunjungan terhadap  petani ikan dilapangan SDN 02 Desa Sumber Kec. Megang Sakti Kab. Musi Rawas dalam rangka memantau kondisi terakhir hasil mediasi permasalahan pengairan kedua desa tersebut. Serta sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat setempat.

Kunjungan Pangdam II juga didampingi Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP, Komandan Kodim 0406/Mura Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H. Bupati Kabupaten Musi Rawas H yang serta dikuti oleh masyarakat setempat dan para anggota TN.

Pada kesempat tersebut Pangdam menyampaikan,ini merupakan rangkaian HUT TNI ke- 72, selain itu pada pertemuan dengan warga dalam rangka memastikan hasil mediasi permasalahan pengairan antara petani sawah dengan petani ikan Desa Sumber Rejo bertempat di Balai Desa Sumber Rejo Kec. Megang Sakti Kab. Musi Rawas,yang telah dilaksanakan oleh Danrem 044/gapo pada awal September lalu.

“ Yang kita harapkan dari pertemuan tersebut, kelanjutannya semua sudah tidak ada lagi permasalahan, sehingga kedua desa menjadi aman serta bisa menjalankan aktifitas secara berdampingan,” katnya

Menurutnya jajaran Kodam ii serta Korem 044/Gapo merupakan satuan teritorial yang memiliki wilayah kerja cukup luas yaitu wilayah Sumatera Selatan dan membawahi 7 satuan Kodim dengan penduduk yang cukup besar, sehingga terkadang ada disatu wilayahnya yang bermasalah, oleh karenanya perlu mendapat perhatian yang khusus.

“Ya sepereti permasalahan sengketa pengairan antar petani sawah dengan petani ikan yang ada di Desa Sumber Rejo Kab. Kemampuan kita adalah bagaiman komunikasi sosial yang baik bersama dengan aparat atau instansi pemerintah menyelesaikan permasalahan secara baik dan benar,” urainya

Oleh karenanya yang dilakukan oleh pihak Kodam II/Swj adalah memastikan bahwa hasil pertemuan dan mediasi yang telah dilakukan oleh jajaran KOrem 044/Gapo dengan masyarakat beberapa waktu lalu berjalan baik dan masyarakat setempat bisa kembali beraktifitas secara berdampingan dengan aman.

Sementara itu, Bupati Musi RawasHendra Gunawan, menyampaikan aoresiasi yang tak terhingga kepada Pangdam Serta Danrem yang telah membuat acara yang sangat meriah dan dating dengan membawa kekuatan penuh.

“Ini baru pertama kalinya ada pangdam yang mendatangi desa Sumber Rejo, dan ini tentunya menjadikan motivasi bagi masyarakat setempat,”katanya

Lebih lanjut ia berharap kegiatan ini akan menjadi hal positif bagi warga desa setempat, terutama ucapan terima kasih kepada Pangdam dan Danrem yang juga telah mempfasilitasi untuk memdiasi serta mengatasi permasalahan pengairan irigasi.

Ditempat yang sama Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto menyampaikan, dalam mediasi lalu telah ditawarkan beberapa solusi kepada warga diantaranya mengupayakan sistim pompanisasi pengairan untuk kepentingan petani sawah, meninjau ulang keberadaan dan keabsahan usaha kepemilikan kolam ikan yang ada, mengadakan penutupan jalur-jalur air yang mengalir dari aliran irigasi menuju kolam ikan dan membuat pintu penutup irigasi serta memberikan pemahaman tentang kebersamaan dalam usaha perikanan maupun pertanian.

“Kita harapkan mediasi di Balai Desa Sumber Mulyo dan dilanjutkan peninjauan irigasi yang disengketakan sudah tidak ada masalah lagi, sehingga semua dapat berkatifitas seperti biasa,” harapnya (dhie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas