MUI Minta Wiranto Beri Tausiah Hukum Kepada Ulama

Jakarta (Lentera Rakyat) — Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana mengundang Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto untuk memberi materi dalam halaqah kebangsaan.

“Kami minta pak menko memberikan tausiah dan arahannya tentang hukum dan perundang-perundangan yang sekarang sedang tren,” kata Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Basri Bermanda usai bertemu Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Seperti dikutif dari CNN Rabu (11/10).

Basri mengatakan halaqah atau pertemuan kebangsaan yang digelar lembaga ulama tersebut bakal berlangsung di Menara Peninsula, Jakarta Barat, Kamis (12/10).

Basri mengatakan para ulama pun harus memiliki pengetahuan tentang hukum dan perundang-undangan karena Indonesia adalah negara hukum.

“Kalau fikih kan ahlinya dia (ulama). Hukum positif (juga) perlu. Beliau (Wiranto) yang paling tepat untuk memberikan arahan,” ujar Basri

Basri menyampaikan acara halaqah kebangsaan tersebut merupakan salah satu cara MUI untuk memberikan masukan kepada pemerintah tentang produk hukum atau kebijakan yang dibuat. Harapannya, sambung Basri, produk-produk hukum atau kebijakan tersebut bisa sesuai dengan nilai-nilai keagamaan.

“Di MUI kan banyak bidangnya, ada bidang hukum dan perundang-undangan. Semua produk hukum kita kaji, mudah-mudahan tidak bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan,” ujar Basri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas