Peer Learning Meeting Perpustakaan Kodim 0406/Mura

Jakarta (Lentera Rakyat) — Perpustakaan Kodim 0406/Mura melaksanakan Peer Learning Meeting (PLM) Regional Batch II wilayah Jawa Tengah, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat yang dilaksanakan oleh PerpuSeru-CCFI pada tanggal 10-12 Oktober 2017 di Hotel Santika Premier Bekasi.

Kegiatan PLM ini merupakan pertemuan sekaligus evaluasi perkembangan Perpustakaan yang berbasis Ilmu Tehnologi (IT), serta peningkatan pelayanan masyarakat dengan mengambil bertema “Perpustakaan sebagai tempat yang Kreatif, Inovatif menuju masyarakat Sejahtera” yang dihadiri oleh 200 Perpustakaan dan 450 orang Pustakawan dari berbagai daerah.

Perpustakaan merupakan salah satu sarana bagi masyarakat untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, sekarang ini Perpustakaan hanya sebagai sebuah gedung atau ruangan yang di gunakan untuk menyimpan koleksi yang disimpan dalam suatu tatanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tetapi Perpustakaan juga merupakan suatu unit kerja yang memiliki sumber daya manusia.

Perpustakaan harus dipahami sebagai suatu sistem yang didalamnya terdapat unsur tempat, koleksi yang disusun berdasarkan sistim tertentu dan pemakai. Perpustakaan dapat berjalan apabila didalam terdapat koleksi yang disusun berdasarkan sistem tertentu agar mudah untuk ditelusur kembali, Pustakawan atau tenaga Perpustakaan yang mengerjakan semua kegiatan yang ada di Perpustakaan seperti pengadaan, pengolahan dan pelayanan Perpustakaan yang di butuhkan informasi dengan melakukan penulusuran di Perpustakaan, dan fasilitas yang menunjang kegiatan di Perpustakaan yang ada.

Pada kegiatan PLM ini Pustakawan Kodim 0406/Mura Serda Adi Santoso menjadi Narasumber dan motivator pada Sharing diskusi. Dipenghujung acara PLM digelar Gala Dinner dan Award, Perpustakaan Kodim 0406/Mura berhasil mendapatkan predikat Terbaik utk kategori Lomba Cerita Video Inpact dan Stand Terbaik yang langsung di Sutradarai dan didesain oleh Serda Adi Santoso dan Koptu Kamsiran. Dan dari pihak penyelenggara PLM mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian TNI khususnya Kodim 0406/Mura dalam pengembangan Perpustakaan.

Penyaji dalam acara PLM ini Ibu Dr. Erlyn Sulistianingsih (Direktur Program PerpuSeru), Ibu Titi Sadarini (Direktur CocaCola Foundation Indonesi), Bapak M. Janatan (Kabiro Pencegahan dan Sosialisasi KPK), Ibu Erlin Charlinatun (dari Kemendes PDTT), dan Bapak Amich Alhumami, P.Hd. (Dirdikti, Iptek dan Kebudayaan Bappenas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas