Kodim 0403/OKU Kejar Target Swasembada Pangan Dengan Cetak Sawah Baru

Komandan Kodim Dandim 0403/OKU, Letkol Inf Mohammad Sjahron Pantau Lahan Cetak Sawah Dalam Rangka Swasembada Pangan

OKU (Lentera Rakyat) — Dalam rangka mensukseskan program pemerihtah dalam swasembada pangan nasional, jajaran Kodim 0403/OKU terus untuk mengejar target program swasembada pangan dalam kurun waktu 3 tahun ini di wilayah teritorialnya (OKU, OKU Timur dan OKU Selatan) dengan melakukan cetak sawah baru bekerjasama dengan Pemda setempat, Jumat (20/10/2017).

Komandan Kodim (Dandim) 0403/OKU, Letkol Inf Mohammad Sjahroni, SE. menjelaskan,  tahun ini TNI AD khususnya Kodim 0403/OKU dan pihak terkait mencetak sawah baru seluas 1.654 Ha, dengan rincian 1.500 Ha tersebar di 6 Kecamatan OKU Timur dan 154 Ha di OKU Selatan.

“Cetak sawah baru merupakan program yang dikerjakan demi untuk mencapai target Pemerintahan Presiden Jokowi yang ingin mencapai swasembada pangan dalam kurun waktu 3 tahun,” terang Dandim.

Lebih lanjut Dandim 0403/OKU Letkol Inf Mohammad Sjahroni, SE. mengatakan, Kementerian Pertanian menggandeng TNI untuk mendukung percepatan program swasembada pangan. TNI AD melalui Upsus (Upaya Khusus) bersinergi dengan Pemerintah dan bersama-sama untuk mendorong petani agar sukses.

“Upaya yang dilakukan antara lain mencetak sawah baru, bahkan prajurit TNI-AD ikut menjadi pendamping petani dalam menjamin upaya terwujudnya swasembada pangan yang dicanangkan Presiden,” jelas Letkol Inf Sjahroni.

Selain itu Dandim 0403/OKU mengatakan, dalam rangka mendukung percepatan swasembada pangan serta peningkatan produksi, pemerintah juga sudah memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Dan Alsintan ini dipinjamkan kepada kelompok tani untuk membantu petani meningkatkan produksi pertanian.

“Alsintan ini dipinjamkan secara gratis kepada petani, tapi kelompok tani harus menjaga Alsintan karena ini milik bersama,” tutur Dandim.

Sedangkan upaya yang dilakukan dalam rangka mendukung upaya khusus pertanian, melalui program Upsus tiga komoditas utama padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Karena Pemerintah Presiden Jokowi sangat bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan dalam 3 tahun ini.

Adapun di wilayah Kodim 0403/OKU yang melakukan cetak sawah baru yaitu Desa Banding Agung Kec. Madang Suku III Kab. OKUS seluas 420 Ha, Desa Betung Timur Kec. Semendawai Barat Kab. OKUT seluas 240 Ha, Desa Ringinsari Kec. Belitang III Kab. OKUT seluas 20 Ha, Desa Karanganyar Kec. Semendawai Timur Kab. OKUT seluas 30 Ha, Desa Meluai Indah Kec. Cempaka Kab. OKUT seluas 320 Ha, Desa Harisan Jaya Kec. Cempaka Kab. OKUT seluas 250 Ha, Desa Gunungjati Kec. Cempaka Kab. OKUT seluas 120 Ha, Desa Anyar Kec. BP Bangsa Raja Kab. OKUT seluas 45 Ha, Desa Rawasari Kec. BP Bangsa Raja Kab. OKUT seluas 20 Ha dan Desa Suryamenang Kec. BP Bangsa Raja Kab. OKUT seluas 35 Ha. (Penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas