Ratusan Personel Korem 044/Gapo Asah Naluri Tempur

Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Saat Memimpin Latihan Minggu Militer

Palembang (Lentera Rakyat) –Ratusan prajurit Korem 044/Gapo melaksanakan latihan minggu militer yang merupakan program Komando Atas yang diselenggarakan setiap bulan pada minggu terakhir sebagai sarana memelihara dan meningkatkan kemampuan keterampilan, ketangkasan dan pengetahuan prajurit dibidang intelijen, teritorial dan tempur dalam menghadapi multi dimensi ancaman yang berkembang saat ini.

Latihan minggu militer yang biasanya dilaksanakan di dalam komplek Markas Korem 044/Gapo, kali ini dilaksanakan keluar Markas yaitu tepatnya di medan latihan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SHM) Palembang. Untuk menuju tempat latihan, seluruh peserta diuji dengan melakukan Han Mars atau ketahanan berjalan kaki dengan menggunakan perlengkapan militer dengan jarak 17 Km yang dimulai star dari Makorem 044/Gapo dan finish di Medlat Lanud SHM Palembang dengan melintasi jalan bervariasi baik jalan diperkeras dan jalan tanah.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Selasa (24/10/2017). padea saat apel persiapan, menekankan bahwa latihan minggu militer merupakan sarana mengasah dan meningkatkan kemampuan prajurit baik secara perorangan maupun kelompok dalam menghadapi perkembangan situasi dan multi dimensi ancaman yang saat ini muncul.

“Setiap prajurit dituntut untuk memiliki kemampuan fisik, keterampilan dan intelejensia sehingga mereka akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menjawab tantangan yang timbul ” jelasnya.

Selain itu, Danrem 044/Gapo juga menyampaikan bahwa sebagai satuan komando kewilayahan (Satkowil) harus mampu memberikan data dan menyiapkan wilayah guna mendukung tugas operasi satuan tempur. Satkowil harus memahami dan menguasai karakter wilayahnya sebagai daerah tempur, pangkal perlawanan dan penyangga apabila terjadi gangguan keamanan negara .

“Apabila suatu wilayah terjadi gangguan keamanan negara, maka Satkowilah yang terlebih dahulu harus memberi masukan tetang kondisi wilayah,” terang Danrem.

Lebih lanjut Danrem 044/Gapo mengatakan bahwa guna menghadapi tuntutan tugas yang semakin tidak ringan maka prajurit harus tampil profesional dan berdisiplin serta tidak mudah terpengaruh lingkungan yang dapat menurunkan disiplin dan militansi sebagai prajurit. Untuk itu kegiatan minggu militer terus dioptimalkan sehingga akan mampu mendukung keberhasilan tugas pokok TNI khususnya Korem 044/Gapo.

Lebih lanjut ia menjelaskan tujuan pelaksanaan latihan yang akan dilaksanakan selama tiga hari ini sebagai upaya untuk membina dan meningkatkan naluri tempur baik perorangan maupun kelompok guna membentuk prajurit yang profesional yang berdisiplin dalam mengemban tugas. Selain itu latihan ini diharapkan dapat menjadi deterren effect bagi orang atau kelompok yang mempunyai niat merusak suasana damai di wilayah teritorial Korem 044/Gapo.

Sementara itu  latihan yang diikuti oleh 250 orang ini, usai melakukan ketahanan mars dilanjutkan materi pengetahuan tehnik dasar pertempuran, raid, kontra intelijen, gerilya kota, survival, pionnir dan pada malam harinya dilaksanakan materi disiplin tempur. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas