Ikan Vs Susu, Mana Yang Lebih Sehat?

Jakarta (Lentera Rakyat) —  Program usulan dari Prabowo Subianto Ketua Umum Gerinda yakni Revolusi Putih menuai kontroversi. Program yang bertujuan untuk memenuhi asupan protein pada anak-anak di Jakarta dengan segelas susu ternyata malah memancing reaksi berbeda dari berbagai kalangan karena merasa ikan lebih baik dari segi nutrisi.

Guru Besar Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof dr Hardinsyah, MS, Jumat (27/10/2017) menyampaikan pendapatnya terkait komparasi kedua sumber protein tersebut.

Dijelaskan oleh Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia ini, masing-masing dari ikan atau susu punya keunggulannya tersendiri. Keduanya pun masuk dalam panduan gizi seimbang yang digagaskan oleh Kementerian Kesehatan.

“Cuma kalau protein ikan memang lebih tinggi dari susu. Sedangkan kalau susu sendiri kaya vitamin B6 dan B12, mineral dan kalsium,” ujar Prof Hardinsyah. dikutif dari detik.com

Jika ingin memenuhi sumber protein dari ikan, Prof Hardinsyah mengingatkan untuk memilih jenis ikan yang segar. Keunggulan lainnya memakan ikan juga terdapat berbagai jenis ikan, sehingga apabila Anda memiliki alergi pada salah satu jenisnya dapat beralih ke jenis ikan yang lain.

Akan tetapi, susu juga punya keunggulan yang tidak bisa diabaikan. Selain kaya vitamin B6 dan B12, mineral, serta kalsium, susu juga memiliki kandungan asam folat yang baik.

Yang terpenting, Prof Hardinsyah lebih menekankan bukan berarti Anda hanya mengonsumsi protein dari satu sumber protein saja. Prinsip gizi seimbang dengan memakan makanan bervariasi lebih dianjurkan oleh lulusan University of Queensland tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas