Korem 044/Gapo Melaksanakan Peringatan Sumpah Pemuda

Kasrem 044/Gapo Letkol Inf M Sjahroni Pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Palembang (Lentera Rakyat) — Bertempat di lapangan apel Makorem 044/Gapo dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 044/Gapo Letkol Inf Mohammad Sjahroni, S.E., Sabtu (28/10/2017).

Pada kesempatan ini Kasrem 044/Gapo membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia  dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, dalam pidatonya Menpora menyampaikan kita harus mencontoh semangat api para pemuda zaman dulu yang berlatar belakang beda suku, adat istiadat, bahasa dan agama, serta di saat itu sarana transportasi maupun komunikasi yang amat sangat terbatas, namun para pemuda dari seluruh nusantara dapat berkumpul dan bertemu dan juga berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat mengikatkan diri dalam komitmen ke Indonesiaan.

Lebih lanjut Pidato Menpora yang dibacakan Kasrem 044/Gapo menyampaikan, bahwa sebagai generasi muda, kita harus tetap menggelorakan api semangat Sumpah Pemuda 1928 seperti yang telah disampaikan oleh Presiden RI pertama Bung Karno yaitu “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir“.

Selanjutnya, kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya.

Upacara yang dimulai sejak pukul 07.00 Wib dengan Komandan Upacara Kapten Cpm Sri Murcaya ini, berjalan dengan khidmat dan kesan semangat kepada para generasi muda yang memberikan harapan cemerlang di masa mendatang. Karena begitu banyak pemuda kita yang berhasil membawa harum nama bangsa ini.(penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas