Saka Wira Kartika Kodim 0403/OKU Bentuk Patriot Bangsa

Saka Wira Kartika tahun 2017, wilayah Kodim 0403/OKU

OKU (Lentera Rakyat) — Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-10 Saka Wira Kartika tahun 2017, wilayah Kodim 0403/OKU menggelar sejumlah kegiatan berupa Bhakti Sosial (Baksos) dan Karya Bhakti dibeberapa Kecamatan wilayah Kodim 0403/OKU, Rabu (1/11/2017).

Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional yang dibentuk lewat kerja sama Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Bhakti Sosial berupa donor darah dan pembagian sembako, serta kegiatan karya bhakti membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum, seperti yang dilakukan Saka Wira Kartika wilayah Kodim 0403/OKU.

Kegiatan karya bakti ini diikuti sekitar 300 siswa dan siswi pelajar SLTA dengan sasaran pembersihan Masjid Nurul Islam dan TPU di Desa Kota Baru Kec. Martapura, pembersihan Masjid As Salam dan jalan Marga Desa Gumawang Kec. Belitang, pembersihan Masjid Nurul Hikmah dan TPU Desa Lubuk Batang Kec. Lubuk Batang serta pembersihan Musolla Al Hidayah Desa Semanding Kec. Pengandonan. Sedangkan kegiatan Bhakti Sosial berupa donor darah di RS. Martapura dan pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Kec. Martapura, Kec. Pengandonan dan Kec. Baturaja.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0403/OKU Kapten Inf Muchyar mewakili Dandim 0403/OKU Letkol Inf M. Sjahroni, SE. mengatakan, bahwa pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI Angkatan Darat bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif.

Diharapkan dengan bergabungnya para siswa dalam Saka Wira Kartika ini, dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

“Salah satu penguatan bangsa, Saka Wira Kartika diharapkan dapat membentuk karakter generasi kedepan yang dapat menjadi pemuda yang berjiwa nasionalisme serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi dalam menjaga dan memelihara keutuhan NKRI,” terang Pasiter. (Penrem-Dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas