Pemimpin Catalonia Serahkan Diri Ke Otoritas Belgia

Brussel (Lentera Rakyat) – Mantan Presiden Catalonia, Carles Puigdemont dan empat pejabat lainnya menyerahkan diri ke kepolisian Belgia. Kelima orang ini sempat dicari otoritas Spanyol terkait tuduhan penghasutan dan pemberontakan terkait perannya dalam upaya kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Dilansir CNN, Senin (6/11/2017), para pemimpin separatis Catalonia ini menyerahkan diri pukul 09.17 waktu setempat pada Minggu (5/11). Mereka hadir ke kantor polisi Belgia bersama pengacara mereka.

Melalui pernyataannya, kantor kejaksaan menyebut jika hakim memiliki waktu 24 jam untuk memutuskan nasib kelimanya. Apakah akan mengabulkan permohonan ekstradisi pemerintah Spanyol atau mengeluarkan surat perintah penahanan.

Sebelumnya, hakim Spanyol telah mengeluarkan perintah penangkapan Uni Eropa untuk pemimpin separatis Catalonia, Carles Puigdemont. Perintah penangkapan terbit setelah Puigdemont mengabaikan pemanggilan di pengadilan tinggi Spanyol, Kamis (2/11) untuk menjalani pemeriksaan terkait perannya dalam upaya kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Jaksa penuntut umum Spanyol telah menyatakan akan menjerat Puigdemont dengan dakwaan pemberontakan, penghasutan dan penyalahgunaan dana masyarakat.
Selain Puigdemont, empat pejabat lainnya yang disebut dalam surat perintah penangkapan adalah Toni Comin, Clara Ponsati, Lluis Puig dan Meritxell Serret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas