195 Personel Korem 044/Gapo Laksanakan Tes Kesegaran Jasmani

Prajurit dan PNS jajaran Korem 044/Gapo melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas)

Palembang (Lentera Rakyat) — Sebanyak 195 orang prajurit dan PNS jajaran Korem 044/Gapo melaksanakan tes kesegaran jasmani (Garjas), 125 orang melaksanakan Garjas periodik II TA 2017 dan sebanyak 70 orang melaksanakan Garjas untuk melengkapi syarat administrasi Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) Periode 1 April 2018, yang dilaksanakan di lapangan Kamboja Kota Palembang, Rabu (8/11/2017).

Kegiatan tes Garjas yang dipantau langsung oleh Tim dari Jasdam II/Swj yang didampingi oleh Pasipers Korem 044/Gapo mayor Inf Binsar P. Ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sampai sejauhmana kemampuan fisik prajurit, mengingat setiap hari Selasa dan Jumat dilaksanakan olahraga bersama dan pada akhir semester dilaksanakan uji kemampuan Garjas sebagai bahan evaluasi pembinaan prajurit berikutnya.

Saat ditemui dilokasi, Pasipers Korem 044/Gapo Mayor Inf Binsar P. menjelaskan, bahwa bagi prajurit yang akan naik pangkat harus lulus tes Garjas sebagai persyaratan untuk naik pangkat yang berlaku bagi semua golongan, baik Perwira, Bintara dan Tamtama.

“Sebagai persyaratan UKP bagi prajurit TNI AD, selain harus memenuhi syarat kelengkapan administrasi, juga harus lulus tes Garjas yang meliputi materi lari jarak 3.200 meter, pull up, sit up, push up dan shuttle run serta renang militer jarak 50 meter,” terang Pasipers.

Sementara itu, Kajasrem 044/Gapo Kapten Inf Hermanto saat memberikan pengarahan kepada peserta Garjas berharap melalui tes kesegaran jasmani yang meliputi Garjas A dengan lari 3.200 meter dan Garjas B diantaranya Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run serta ketangkasan renang militer jarak 50 meter, ini akan diperoleh prajurit yang memiliki kemampuan jasmani yang baik, karena jasmani yang baik menjadi syarat mutlak dan harus dipenuhi oleh setiap prajurit dalam melanjutkan pendidikan maupun peningkatan karir.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pelaksanakan tes ini merupakan  tolok ukur pembinaan jasmani yang dilaksanakan disatuan masing-masing. Kajasrem 044/Gapo juga menekankan kepada seluruh prajurit dalam mengikuti kegiatan ini agar menjaga faktor keamanaan selama kegiatan dan melaksanakan dengan maksimal serta sesuaikan dengan kondisi fisik serta kemampuan masing-masing agar memperoleh nilai yang maksimal. (Penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas