Masyarakat Muratara Antusias Ikuti Sosialiasi Bios 44

Kegiatan sosialisasi penggunaan Bios 44 di wilayah Kodim 0406/Mura

Muratara (Lentera Rakyat) — Penggunaan Bios 44 guna membantu meningkatkan hasil produktifitas pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta sebagai solusi penyubur tanah bekas tambang terus disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk di wilayah Kodim 0406/Musirawas ini yang melaksanakan seminan dan sosialisasi penggunaan dan pemanfaatan Bios 44 kepada masyarakat Desa Sei Gemang Kec. Rawas Ilir Kab. Muratara bekerjasama dengan PT. Perusahaan Perkebunan London Sumatera (Lonsum) Indonesia, Tbk., Kamis (9/11/2017).

Program pengenalan Bios 44 ini telah dilakukan sejak tahun lalu khususnya dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, kini berkembang pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang sudah dilakukan sosialisasi hampir di seluruh wilayah Sumsel.

Kegiatan sosialisasi penggunaan Bios 44 di wilayah Kodim 0406/Mura ini, disampaikan oleh Serda Adi Santoso Bati Komsos Siter Kodim 0406/Mura bertempat di Aula Sei Gemang Estate PT. PP. London Sumatra Indonesia, Tbk. yang dihadiri oleh lebih dari 250 orang. Dan masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi karena Bios 44 dianggap sebagai formula yang multifungsi dan multimanfaat, sehingga masyarakat berkeinginan untuk menggunakan Bios 44 sebagai pengganti pupuk anorganik, dari pihak perusahaan sendiri juga sangat tertarik untuk menggunakan Bios 44, akan tetapi masih dalam tahap koordinasi awal dan menunggu tindak lanjut dari perusahaan.

Komandan Kodim 0406/Mura Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H. yang diwakili oleh Danramil 406-02/Rawas Ulu Kapten Inf Agus Cahyono menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah selain untuk memperkenalkan Bios 44 kepada masyarakat, juga sebagai upaya memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI khususnya Kodim 0406/Mura dengan masyarakat sekitar, sehingga akan terwujud kemanunggalan yang kokoh kuat antara TNI dengan Rakyat.

Sementara itu Bati Komsos Siter Kodim 0406/Mura Serda Adi Santoso dalam keterangannya menyampaikan Bios 44 adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yang merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusulan material organik lahan gambut. Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah sawit serta menyuburkan lahan bekas tambang.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa ide awal munculnya Bios 44 adalah dalam rangka mencegah kebakaran lahan gambut yang sering terjadi di wilayah Sumsel, kali ini Bios 44 telah berkembang yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan produktifitas pada hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan digunakan untuk mengurai tanah tandus bekas tambang menjadi lahan subur.

Zubaidi masyarakat Desa Sumber Rejo Kec. Rawas Ilir Muratara yang sudah menerima manfaat menggunakan Bios 44 menuturkan, lahan sawah yang digarapnya hasil yang didapat kurang maksimal karena kurang pupuk akibat tingginya harga pupuk, dengan adanya bantuan Bios 44 dari Kodim 0406/Mura ini dapat membantu sebagai solusi alternatif pemberian pupuk, sehingga dapat meningkatkan penghasilan dari bersawah. “Dengan bantuan Bios 44 ini hasil tanaman padi dapat meningkat” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0406/Mura yang diwakili oleh Danramil 406-02/Rawas ilir Kapten inf Agus Cahyono, Kapolsek Rawas Ilir Iptu. Fajri Anbiya, Camat Rawas Ilir, Kabid pertanian tanaman pangan Kab. Muratara Ir. Bahri, Manajer PT. PP. Lonsum Kebun Sei Gemang Bapak Sumardoyono, Sp.AMA., PT. PP. Lonsum Muara Rupit Bapak Ir. Chris Muntu, Unsur Muspika Kec. Rawas Ilir, Para Kades se-Kec. Rawas Ilir, para PPL se-Kec. Rawas ilir, Babinsa Ramil 406-02/ Rawas Ilir, Babinkamtibmas Polsek Rawas Ilir, dan masyarakat berjumlah lebih kurang 200 orang. (Penrem-dhie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas