Korem Gapo Upacara Peringati Hari Pahlawan

Inspektur Upacara Kasrem 044/Gapo Letnan Kolonel Inf Mohammad Sjahroni, SE

Palembang (Lentera Rakyat) — Peringati Hari Pahlawan 10 November 2017, personel Korem 044/Gapo beserta jajaran menggelar upacara bendera bertempat di lapangan apel Makorem  044/Gapo dengan Inspektur Upacara Kasrem 044/Gapo Letnan Kolonel Inf Mohammad Sjahroni, SE. Jumat (10/11/2017).

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar.

Peristiwa tersebut merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia.

“Untuk itu, penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem 044/Gapo Letkol Inf Mohammad Sjahroni, SE.

Lebih lanjut, Mensos RI melalui amanatnya mengatakan, bahwa peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 ini mengambil tema “Perkokoh Persayuan Membangun Negeri”. Tema ini mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini. Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya, peringatan ini diharapkan dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Upacara peringatan Hari Pahlawan yang dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 044/Gapo dan jajarannya ini, Mensos RI dalam sambutannya pun yang dibacakan oleh Kasrem 044/Gapo mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya agar menjadi Pahlawan bagi diri sendiri, Pahlawan bagi lingkungan, Pahlawan bagi masyarakat maupun Pahlawan bagi Negeri ini. (Penrem-Dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas