Ratusan Prajurit Korem 044/Gapo Lomba Menembak

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo Pantau SasaranTembakan

Palembang (Lentera Rakyat) — Memelihara kemampuan dan guna melakukan pengujian terhadap perkembangan kemampuan prajurit satuan jajaran Korem 044/Gapo dalam ketrampilan menembak yang telah dicapai pada latihan sebelumnya, Korem 044/Gapo menggelar latihan menembak senjata ringan jenis M16.A1 untuk Bintara dan Tamtama serta menembak Pistol jenis FN.46 untuk Perwira pada Triwulan IV TA 2017 bertempat di Lapangan Tembak Yonarhanudri-12/SBP Serong, Selasa (14/11/2017).

Kegiatan menembak ini berlangsung melalui tahapan latihan sesuai dengan prosedur tetap (Protap) latihan menembak, dimulai dengan briefing pelaku oleh pelatih yang dikoordinir oleh Kapten Cba Dedi Rohaedi selaku Danlat dan berlanjut ke tahap selanjutnya hingga proses pelaksanaan latihan menembak yang dilaksanakan selama dua hari.

Dalam pelaksanaan latihan menembak pada tiwulan IV TA 2017 kali ini berbeda dengan latihan-latihan sebelumnya, dimana untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kemampuan para prajurit, metode latihan yang digunakan yaitu dengan mengadakan lomba atau pertandingan antar satuan jajaran Korem 044/Gapo baik kelompok maupun perorangan guna mengetahui sejauh mana hasil yang dicapai pada latihan sebelumnya.

Pertandingan dilaksanakan pada hari pertama latihan yang disaksikan langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. dan didampingi oleh Kasrem 044/Gapo Letkol Inf M. Sjahroni, SE., para Dandim jajaran Korem 044/Gapo dan para Kasi serta Pasi Korem 044/Gapo.

Saat meninjau latihan, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. mengatakan, bahwa pada pelaksanaan latihan triwulan IV Tahun Anggaran 2017 metode yang kita gunakan adalah dengan melakukan pertandingan antar satuan, sehingga dapat dilihat sejauh mana hasil yang dicapai pada pelaksanaan latihan sebelumnya.

“Metode latihan kali ini kita gunakan lomba antar satuan maupun perorangan, hal ini dilakukan untuk memberi motivasi para prajurit agar berlatih dengan sungguh-sungguh dan mempunyai kecenderungan untuk meningkatkan kemampuannya masing-masing,” terangnya.

Latihan dengan perlombaan yang diikuti oleh ratusan prajurit dari satuan jajaran Korem 044/Gapo ini tetap menerapkan seluruh prosedur latihan yang harus ditaati oleh setiap peserta agar kesalahan yang dapat menimbulkan kecelakaan dapat dihindari.  Hal ini penting untuk selalu dilakukan mengingat latihan menembak memiliki tingkat resiko yang tinggi.

Kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit. Dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit kemampuan menembak di dalam pertempuran merupakan keahlian yang utama dimiliki oleh prajurit secara perorangan guna mendukung pencapaian tugas satuan secara keseluruhan.

Dalam pertandingan menembak senjata ringan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori kelompok yang mewakili satuan dan kategori perorangan dengan hasil menembak Pistol FN.46 jarak 25 meter perorangan sebagai Juara I Kapten Inf Sianturi dari Kodim 0401/Muba, Juara II Kapten Inf Suwano dari Kodim 0402/OKI dan Juara III Lettu Inf Muslikin dari Makorem 044/Gapo. Sedangkan hasil lomba menembak Pistol FN.46 kategori kelompok Juara I Kodim 0401/Muba, Juara II Kodim 0402/OKI dan Juara III Makorem 044/Gapo.

Adapun lomba menembak senapan M16A1 jarak 100 meter perorangan adalah Juara I Serda Sugianto dari Kodim 0404/Muara Enim, Juara II Sertu Alfajri dari Makorem 044/Gapo dan Juara III Serda Faisal dari Kodim 0404/Muara Enim, sedangkan lomba menembak Senapan M16A1 kategori kelompok Juara I Makorem 044/Gapo dengan nilai 736, Juara II Kodim 0401/Muba nilai 646 dan Juara III Kodim 0404/Muara Enim dengan nilai 619. (Pnerem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas