Google Razia APK YouTube ‘Palsu’, Kenapa?

Jakarta (Lentera Rakyat) — Google dilaporkan memberantas semua YouTube dengan format APK yang beredar. Langkah ini dilakukan menyusul munculnya YouTube APK yang menyuguhkan model ‘gelap’.

Seperti kita ketahui, hampir semua developer dewasa ini menyuguhkan opsi mode gelap untuk aplikasinya. Dengan mode gelap maka penggunaan di kala malam akan terasa lebih enak dipandang dan tidak menyakitkan mata.

Contohnya dikutif dari detikcom, yang pada update aplikasi terbarunya juga menghadirkan opsi ini. Mode gelap di aplikasi detikcom ini bisa diatur secara otomatis ketika sudah memasuki waktu malam atau bisa diaktifkan secara manual.

Balik lagi ke YouTube, mode gelap ini sebenarnya sudah diterapkan untuk versi desktop awal tahun ini. Namun, untuk mobile belum ada kabar sampai muncul file APK YouTube dengan fitur ini.

Menanggapi adanya bocoran fitur tersebut, seperti dikutip dari Ubergizmo, Minggu (19/11/2017), YouTube akhirnya mengambil langkah pemeberantasan. Fitur ini, seperti yang tertera dalam laporan dinamakan Dark Watch.

Di situ tertulis informasi yang berbunyi ‘gunakan tema gelap di panel menonton’. Meski sudah bisa digunakan, sepertinya fitur ini belum sempurna.

Hal ini terlihat dari teks video yang juga ikut menghitam, sehingga ketika mode gelap diaktifkan akan menyatu antara tulisan dengan latar warna.

Hingga kini belum ada informasi dari YouTube kapan resminya Dark Watch dirilis. Google sendiri belakangan memang rajin menguji mode gelap untuk beberapa penggunaan, salah satunya di Android N.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas