Pantangan ke Pulau Komodo, yang Mens Hati-hati

Lentera Rakyat – Taman Nasional Kepulauan Komodo, mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Reptil yang hanya ada di Indonesia ini, bahkan juga ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Tentunya, tidak bisa sembarangan, ketika mengunjungi Pulau Komodo, yang merupakan habitat utama dari salah satu hewan purba ini.

Ada beberapa aturan yang sebaiknya tidak dilakukan, ketika mengunjungi pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur tersebut.

Ketika mengunjungi Pulau Komodo, para wisatawan biasanya akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan didampingi oleh ranger yang menjadi pemandu, sekaligus melindungi wisatawan.

“Harus selalu bersama tidak boleh berpencar. Kemudian, tidak merokok dan tidak membuang sampah sembarang,” ungkap Isa, salah satu ranger, Seperti dikutif dari VIVA, Jumat 24 November 2017.

Dia juga menyarankan untuk tidak mengambil dan menaruh apapun di taman tersebut. Wisatawan hanya diperbolehkan mengambil gambar dengan arahan dari ranger.

“Jangan terlalu banyak menggerakkan sesuatu, ketika ada komodo, itu salah satu yang menjadi daya tarik dan membuat dia terganggu,” kata dia.

Selain itu, Isa juga mengingatkan bagi perempuan yang tengah menstruasi, agar memberitahu kondisi tersebut kepada ranger. Hal itu, demi menjaga keamanan para pengunjung.

“Supaya penanganan ranger itu jadi lebih terfokus sama mereka,” tambahnya.

Seperti diketahui, komodo sendiri cukup sensitif dengan bau darah. Untuk itu, mereka yang tengah menstruasi diminta agar lebih hati-hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *