Ini Produk Unggulan Yang Mengantar Kodim 0406/Mura Juara Lomba Binter

Lentera Rakyat — Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Nasional tingkat Madya tahun 2017 telah berakhir, Kodim 0406/Mura berhasil menjadi Juara dari 301 satuan teritorial tingkat Kodim se-Indonesia itu. Ajang Lomba Binter yang diselenggarakan dua tahun sekali itu ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono pada acara Apel Danrem Dandim terpusat yang digelar di Secapa AD Jalan Hegarmanah No 152 Bandung Jawa Barat, Senin (27/11/2017).

Selain kegiatan yang sudah merupakan program satuan, kegiatan non program juga sangat berpengaruh terhadap penilaian lomba Binter yang diselenggarakan oleh Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) ini. Semua satuan Teritorial setingkat Kodim di seluruh Indonesia, dituntut untuk menciptakan produk unggulan yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya disepanjang wilayah binaan masing-masing.

Kodim 0406/Mura yang menjadi Juara pada ajang ini tentunya telah melakukan banyak kegiatan Non Program yang manfaatnya sangat dirasakan oleh warga binaannya. Disamping sinergitas yang terjalin dengan baik dengan unsur Pemerintahan Daerah (Pemda), Polri, Komunitas dan seluruh unsur terkait, Kodim 0406/Mura mengusung beberapa produk unggulan dalam membantu kesulitan rakyat disekelilingnya.

Bios 44 adalah salah satu produk unggulan Kodim 0406/Mura dalam upaya meningkatkan produktifitas hasil pertanian khususnya padi jenis padi Inpari 42 dimana hasil panen petani dengan menggunakan Bios 44 ini dapat meningkat dengan biaya yang minim.

Selain digunakan pada tanaman padi, Bios 44 tersebut digunakan pada bidang perikanan dan untuk budidaya tanaman Jamur Tiram. Biaos 44 yang merupakan mikroorganisme yang pada awalnya digunakan untuk penanggulangan kebakaran lahan gambut, dan kini sudah berkembang menjadi bahan sejenis pupuk yang dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan penyubur lahan bekas tambang yang tandus.

Selain produk unggulan tersebut, didukung juga dengan kegiatan yang dilakukan antara Komandan Kodim beserta seluruh Perwira Kodim dengan pemerintah daerah sudah bersinergis dengan baik, sehingga pelaksanaan tugas pokok dapat terlaksana dengan baik dan dalam membina komunikasi dengan lingkungan masyarakat di wilayah Kodim 0406/Mura dapat berjalan dengan baik guna memperkuat kemanunggalan TNI Rakyat. (Penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *