Ziarah, Wujud Hargai Jasa Para Pahlawan

Palembang (Lentera Rakyat) — Hari Juang Kartika (HJK) terlahir dari peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada 15 Desember 1945. Peristiwa inilah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD.

Pada rangkaian peringatan HJK tahun 2017 ini, satuan Kodam II/Sriwijaya menyelengarakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Ksatria Siguntang Palembang, Kamis pagi (14/12/2017), yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika yang akan diperingati esok hari.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. turut hadir dalam acara yang dipimpin oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos, mengawali kegiatan dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan dan mengheningkan cipta, serta peletakan karangan bunga secara simbolis di Tugu Taman Makam Pahlawan oleh Pangdam II/Sriwijaya. Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan dan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita. “Terang Kapenrem 044/Gapo Mayor Aris Barunawan saat mengikuti acara ziarah”.

Lebih lanjut Kapenrem menyampaikan, kita sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini tinggal meneruskan perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata dan diharapkan memiliki semangat kerja yang tinggi dan profesional, berfikir, bertindak yang baik. “Abdikan pikiran dan tenaga kita untuk kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan tugas dan kewajiban masing-masing. Hindari pelanggaran sekecil apapun jika tidak bisa berprestasi. Jangan sia-siakan pengorbanan para Pahlawan yang telah berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsa ini”, tegasnya.

Kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai para Pahlawannya. (Penrem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas