PPI Ajak Pelajar Indonesia se-Dunia Gelar Aksi Bela Palestina

Jakarta (Lentera Rakyat) — Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-dunia mengajak pelajar Indonesia yang tersebar di berbabagai negara untuk melakukan aksi solidaritas untuk Palestina. Terlebih untuk mendukung KTT luar biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk kemaslahatan Palestina.

“Mendorong pelajar Indonesia di seluruh dunia untuk membuat gerakan/aksi solidaritas sebagai bentuk dukungan moral terhadap rakyat Palestina,” kata Kordinator PPI Se-Indonesia Pandu Utama Manggala melalui keterangan resminya, Minggu (17/12/2017).

PPI berpandangan bahwa langkah Presiden Trump akan mengakhiri peran AS sebagai mediator dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina. Karena Misi perdamaian dunia harus ditegakkan sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.

“Menuntut majelis umum PBB untuk memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh AS. Karena merusak perdamaian antar dua negara serta mengguncang stabilitas keamanan dunia khususnya timur tengah,” tulis PPI Dunia dalam keterangan itu.

PPI juga mendukung sikap Indonesia dalam keputusan KTT luar biasa OKI di Istanbul yang menghasilkan Final Qommunique dan Istanbul Declaration pada 13 Desember 2017. Serta turut serta mengawal proses pembatalan keputusan Presiden Trump.

“Menolak Pengakuan Sepihak Serta Keputusan Presiden Trump untuk memindahkan, kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke kota Yerusalem karena merupakan suatu bentuk pengingkaran terhadap berbagai resolusi dewan keamanan dan majelis umum PBB,” tutup keterangan itu.

Aksi Bela Palestina berlangsung di Monas, Jakarta. Sekretaris Jendral (Sekjen) MUI Anwar Abbas membacakan petisi terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengklaim Yerusalem Ibu Kota Israel. Petisi itu pun rencananya akan diserahkan ke kedutaan besar AS.

“Pernyataan sikap Aksi Indonesia Bersatu Bela Palestina tentang penolakan terhadap penetapan Yerusalem atau Al-Quds sebagai Ibu Kota Israel. Petisi ini akan disampaikan secara terhormat kepada Pemerintah Amerika melalui Kedutaaan Besar Amerika besok pagi, Senin (18/12) oleh atas nama ketua-ketua ormas di Indonesia,” kata Anwar saat Aksi Bela Palestina di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (17/12) pagi. (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas