Gubernur Resmikan Gardu Traksi dan DCC Listrik LRT

Palembang (Lentera Rakyat) – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan pelayanan pertama Gardu Traksi Light Rail Transit (LRT) Jakabaring dan ruang Distribusi Control Center (DCC) yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik pada operasional LRT Palembang. Peresmian diselenggarakan PT. PLN (Persero) WS2JB di halaman kantor PLN Area Pengatur Distribusi Palembang, Rabu (20/12).

Peresmian tersebut sekaligus menandakan PT. PLN sudah siap memenuhi seluruh kebutuhan listrik operasional LRT Palembang. Bahkan, PLN memastikan ketersediaan listrik pada pelaksanaan Asian Games Palembang aman karena ketersediaan listrik di Palembang berlebih hingga mencapai 50 persen.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, LRT di Palembang akan mengubah wajah tranportasi nasional Indonesia karena menjadi LRT yang pertama di Indonesia. ” LRT ini adalah infrastruktur yang mengubah culture, dengan LRT ini kita semua seluruh Masyarakat Sumsel dipaksa untuk disiplin, antre dan menjaga kebersihan, sehingga memberikan nilai tambah positif bagi kemajuan Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, dari laporan yang disampaikan General Manager PLN WS2JB, pada dasarnya untuk memenuhi suplay dan keandalan listrik di kawasan Jakabaring sudah dipastikan aman, Jika salah satu penyuplai mengalami masalah secara otomatis akan tergantikan dengan penyuplai lainnya.

“Bukan hanya suplai listriknya yang aman tapi juga keandalannya terjamin, untuk Jakabaring jangankan listrik padam tetapi berkedip pun tidak. Jadi untuk Asian Games Insya Allah aman, malahan berlebih kita disini,” terangnya.

Terkait perkembangan pembangunan LRT Palembang, Gubernur Alex Noerdin mengatakan bahwa Lokomotif dan Gerbong LRT akan datang di Palembang pada Bulan Maret 2018 dan akan langsung dilakukan ujicoba. “Untuk seluruh rangkaian sinyal dan lain-lainnya akan selesai bulan Februari, dan di bulan Juni perjalan perdana LRT Palembang dari Bandara sampai Jakabaring,” ujarnya.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT. PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharta mengatakan, pihaknya telah melakukan penyaluran listrik pertama khusus pada jalur LRT yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games. Menurutnya, dari total seluruh Gardu Traksi LRT akan dialiri listrik secara bertahap seiring dengan progres pembangunan LRT tersebut.

“Saat ini di Gardu Traksi 8 sudah kita nyalakan supaya pihak yang membangun LRT bisa melakukan kondisioning dan pengujian lampu-lampu maupun fasilitas kelistrikan lainnya untuk menunjang pembangunan LRT. Sementara untuk semua kebutuhan suplai kelistrikan ke seluruh fasilitas pendukung Asian Games sudah kita pastikan aman,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager PT. PLN WS2JB, Daryono mengatakan,  kebutuhan listrik LRT dari Bandara SMB II Palembang sampai Jakabaring dengan 13 stasiun penumpang memerlukan total daya listrik sebesar 40 MPA. Kebutuhan ini akan disuplai dari 9 Gardu Traksi dan 9 Gardu Penghubung dengan total kapasitas 815 MPA.

“Untuk Gardu Traksi yang sudah terpasang dan siap digunakan ada tiga titik yakitu Gardu Traksi di depan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemudian di depan Polresta Palembang dan Gardu Traksi di depan OPI Mall. Untuk semua pekerjaan dimulai sejak Maret lalu, saat progres sudah mencapai 90 persen,” pungkasnya. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas