Alex Noerdin Siapkan 14 Bus Ajak Pelajar Keliling JSC

Palembang (Lentera Rakyat) — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin kembali menggiatkan sosialisasi Asian Games. Tak hanya membagi-bagikan handphone kepada para pelajar, ia juga menyiapkan 14 bus untuk membawa pelajar berkeliling tempat yang akan menjadi saksi penyelenggaraan Asian Games mendatang yakni Jakabaring Sport City (JSC).

Hal ini diungkapkannya saat bertatap muka dengan  ribuan pelajar berasal dari lima Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel diantaranya Empat Lawang, Lahat, Pagaralam, Lubuk Linggau, Musi Rawas di Griya Agung Rabu (24/01).  Pelopor sekolah gratis itu mengatakan, sosialisasi ini akan terus digiatkan mengingat banyak masyarakat di pelosok yang belum tahu bahwa Sumsel merupakan tuan rumah kompetisi olahraga bangsa-bangsa Asia dari 45 Negara Asia yaitu Asian Games.

Dikatakanya banyak persepsi yang mengatakan bahwa ia banyak menghabiskan uang untuk Asian Games. Alex membantahnya, menurutnya Asian Games ini justru mendatangkan berkah. Secara rinci diuraikanya karena Asian Games Provinsi Sumsel mendapat tiga ruas jalan tol, penambahan jembatan musi, underpass, pembangunan rumah sakit bahkan yang paling spektakuler ia menyebut berkah Asian Games adalah pembangunan kereta cepat ringan (Light Rail Transit) atau yang sering disebutnya dengan sepur dipucuk.

“Yang saya sebutkan tadi itu tidak dibangun dengan uang sendiri atau APBD semua itu dibangun dengan dana APBN dan pihak swasta. APBD hanya pemancing saja, kalau tidak ada Asian Games tidak akan ada LRT karena itu sangat mahal. LRT adalah angkutan masal untuk memecahkan masalah dimana berdasarkan hasil studi Palembang akan macet total pada tahun 2020,” tuturnya

Lanjut Alex, terpilihnya Provinsi Sumsel menyelenggarakan Asian Games karena Sumsel memiliki modal JSC. Dimana ia kilas balik Jakabaring tahun 2010 masih rawa-rawa di tengah Kota Palembang. Dalam waktu 11 bulan Pemerintah Provinsi Sumsel berkerja keras menyulap rawa-rawa menjadi Kota Olahraga Internasional, yang saat ini juga ditunjuk sebagai kawasan wisata olahraga.

“Anak-anak sudah lihat belum JSC, kalau belum sebelum pulang ini keliling JSC, kita siapkan bus. Silakan lihat dan rasakan sendiri berada di tempat penyelenggaraan Asian Games mendatang,” tuturnya

Dikatakan Alex, Provinsi Sumsel terus menggelar event-event baik tingkat Nasional maupun Internasional. Seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004, Sea Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asean University Games 2014. Dan juga Provinsi Sumsel baru – baru ini terus menggelar beberapa event Internasional terbukti sebanyak 39 kejuaraan Internasional berlaga di JSC.

“Dari 34 Provinsi di Indonesia hanya dua Kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yaitu Jakarta dan Palembang. Selain memiliki pengalaman menyelenggarakan event internasional dan fasilitas olahraga lengkap, Provinsi Sumsel merupakan daerah zero konflik. Tidak pernah terjadi dan Insha Allah tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama di Provinsi kita ini, bangga kita menjadi masyarakat provinsi Sumsel,” pungkasnya (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas