Dandim 0402/OKI Dirikan Posko Dan Pos Pantau Karhutla

Palembang (Lentera Rakyat) — Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah teritorial Kodim 0402/OKI, Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, memerintahkan jajarannya untuk membangun Posko dan Pos Pantau siaga Karhutla dengan melibatkan instansi terkait yang ada di wilayahnya.

Posko dan Pos Pantau siaga Karhutla yang telah dibangun secara swadaya dengan Babinsa sebagai inisiator ini, Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, melakukan pengecekan di wilayah Kec. Inderalaya Utara Kab. Ogan Ilir guna memberikan motifasi dan semangat serta sebagai tanggungjawab di Komandonya terhadap tindakan yang telah diperbuat oleh anggota pada Jumat (2/1/2018), dimana daerah ini merupakan wilayah yang rawan terhadap Karhutla setiap tahunnya.

Dalam pengecekannya, Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. melakukan pengecekan terhadap bangunan Posko maupun Pos Tinjau berupa personel yang melakukan siaga dan perlengkapan yang sudah tersedia berupa alat komunikasi, alat pemadam kebakaran dan alat transportasi. Dari beberapa tempat yang telah dicek, masih terdapat Posko maupun Pos Pantau yang belum tersedia perlengkapan, hal ini akan dilengkapi berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. mengatakan, Posko dan Pos Pantau Karhutla ini dibentuk sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap terjadinya Karhutla di wilayahnya, dan pembangunan Posko maupun Pos Pantau inipun secara swadaya masyarakat dengan Babinsa sebagai inisiator.

“Nantinya dalam operasional Babinsa bersama masyarakat dan instansi terkait seperti BPBD, Polres Ogan Ilir, Manggala Agni dan Pemadam Kebakaran setempat akan melakukan siaga selama 1 x 24 jam setiap hari,” terangnya.

Lebih lanjut Dandim 0402/OKI mengungkapkan, dalam waktu dekat tepatnya pada minggu kedua Februari akan dilaksanakan apel gelar pasukan yang terlibat dalam kegiatan Karhutla bertempat di halaman Kantor Bupati Ogan Ilir, dan dilanjutkan pada minggu ketiganya akan dilaksanakan latihan bersama dari Manggala Agni.

“Pada bulan Februari ini akan dilaksanakan apel dan latihan bersama. Dan untuk di Posko maupun Pos Pantau yang perlengkapannya belum lengkap akan dikoordinasikan kepada Pemda OI, BPBD Prov. Sumsel dan Perusahaan untuk pemenuhan peralatan dan perlengkapan,” terangnya. (Penrem-dhie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas