Jokowi Siapkan Formulasi Pendongkrak Investasi

Jakarta (Lentera Rakyat) — Presiden Joko Widodo meminta jajaran menteri bidang ekonomi untuk terus berupaya mendongkrak pertumbuhan nilai investasi Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dirinya berdiskusi dengan Presiden Jokowi mengenai berbagai upaya untuk membuat aliran investasi mengalir lebih banyak lagi ke Negeri Katulistiwa.

“Seperti yang pernah saya sampaikan, kami sedang memformulasikan bagaimana menggunakan instrumen APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) untuk mendorong kegiatan investasi,” ujarnya di Istana Negara, dikutif dari CNN.  Senin (19/2).

Instrumen yang dimaksud bisa berasal dari perubahan kebijakan perpajakan, salah satunya pemberian insentif pajak. Hal itu berpotensi menyeimbangkan struktur pembiayaan atau risiko berbanding dengan imbal hasil yang diperoleh pihak investor jika berinvestasi di dalam negeri.

“Nanti kami akan lihat bagaimana kami menggunakan pajak atau insentif lainnya di dalam APBN yang bisa meng-composite risiko itu,” ungkapnya.

Adapun, kegiatan investasi yang dimaksud di antaranya ialah kegiatan prioritas dalam rangka memperluas usaha rintisan, dan mengadakan pelatihan tenaga kerja dan pengembangan lainnya.

“Ini adalah yang sering disampaikan oleh menteri tenaga kerja, menteri industri, jadi saya sedang melihat seluruh skema itu,” sambungnya.

Nantinya, lanjut Sri Mulyani, Kepala Negara berencana mengadakan Sidang Kabinet untuk menentukan formulasi yang paling tepat digunakan demi merealisasikan peningkatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *