TP PKK Sumsel Gelar Table Manner

Palembang (Lentera Rakyat) — Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menggelar kegiatan pelatihan kader perumahan dan tata laksana rumah angga sekaligus table manner. Kegiatan ini digelar di Aula TP Rajawali-Palembang dan Aula SMK 6 Palembang, Peserta diikuti lima puluh orang dari 17 kabupaten/kota Se-Provinsi Sumsel, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 20-22 Februari 2018.

Dalam kata sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel yang diwakili Wakil Ketua III Rosmaniar Syarief mengatakan, rumah merupakan tempat atau bangunan yang tidak sekedar menjadi tempat berteduh dari cuaca alam melainkan, menjadi tempat untuk membangun keluarga sejahtera secara lahir dan batin. Menurutnya, rumah juga merupakan tempat menjalin tali silaturahim sehingga tercipta hubungan yang harmonis antar anggota keluarga dan hubungan dengan tetangga.

” Untuk itu dibutuhkan peran kader untuk membantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat serta membangun masyarakat agar keluarga-keluarga di daerah, mampu menyelenggarakan penataan rumah tangga sehingga rumah merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota rumah tangga,”

Ia menuturkan, program perumahan dan tata laksana rumah tangga, mencakup pengetahuan tentang Rumah Sehat, Tata Ruang Rumah Tangga serta Pemanfaatan Pekarangan. Dimana, berbekal pengetahuan dan keterampilan tentang Tata Laksana Rumah Tangga, diharapkan masyrakat mampu menciptakan harmonisasi kehidupan keluarga.

“Oleh karena itu penting sekali rumah harus selalu terjaga bersih, aman dan sehat. Dari rumah jugalah dilaksanakan pembinaan hidup berkeluarga, karena keluarga yang aman tentram dapat menciptakan masyarakat yang baik,” tambahnya

“Karena itu, rumah yang sehat akan berfungsi membangun manusia yang sehat dan kuat, membentuk kepribadian yang luhur, membentuk dan menciptakan rasa tenang, memupuk kasih sayang sesama anggota keluarga, menciptakan kerjasama yang baik sesama anggota keluarga, dan mendidik keluarga dalam beragama,”pungkasnya

Sementara Ketua Panitia Fien Poerwadi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK khususnya di bidang Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga agar mampu menyebarluaskan kepada masyarakat di wilayah masing- masing. Kemudian untuk memantapkan kerjasama dan sinergi dalam upaya mewujudkan Rumah Sehat dan Layak Huni.

“Para peserta dapat menindak lanjuti serta menyebarluaskan pengetahuan yang didapat selama mengikuti kegiatan ini kepada keluarga dan masyarakat di daerah masing-masing,” ungkapnya

Selain itu pula, kegiatan Pelatihan Kader Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tang bertujuan untuk mencetak dan memperbanyak kader Tata Laksana Rumah Tangga yang nantinya akan berfungsi sebagai kader yang melakukan kegiatan maupun penyuluhan di bidang Rumah Sehat dan Layak Huni.

“Oleh karena itu kegiatan ini merupakan kegiatan yang diharapkan mendukung keberhasilan program pemerintah khususnya program dan Perumahan,” pungkasnya (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *