5 Manfaat Buah Lemon untuk Membersihkan Rumah

Lentera Rakyat – Lemon ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun, buah dengan rasa yang asam ini ternyata ampuh untuk membersihkan benda-benda di rumah. Justru zat asam yang terkandung di dalam lemon mampu membersihkan noda-noda membandel.

Dilansir dari laman House Beautiful, Senin, 26 Febuari 2018, berikut adalah lima manfaat buah lemon untuk membersihkan rumah.

Membersihkan microwave

Minyak dan sisa makanan lainnya yang menempel di microwave biasanya sangat menganggu dan sulit dibersihkan. Namun, secangkir air dan potongan buah lemon ternyata dapat membantu menghilangkan noda membandel tersebut.

Caranya, panaskan campuran air dan lemon di dalam microwave hingga microwave beruap, lalu diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan handuk atau kain bersih. Noda minyak dan sisa makanan pun langsung terangkat dengan mudah.

Menghilangkan noda menempel pada pakaian

Tips ini aman dilakukan pada kain bertekstur halus. Pertama, rendam pakaian yang terkena noda dengan campuran air perasan lemon dan garam, biarkan selama setengah jam. Lalu bilas dengan campuran cuka dan air hangat.

Membersihkan talenan

Talenan yang sering digunakan pasti memiliki sisa makanan yang menempel dan berbau tidak sedap. Nah, gunakan potongan lemon yang digosokkan pada talenan untuk menghilangkan noda dan bau makanan. Anda juga dapat menggunakan garam, atau baking soda terlebih dahulu untuk membersihkan talenan, lalu diamkam semalamam. Dengan begitu, noda yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan.

Menghilangkan noda karat

Noda karat dapat menganggu penampilan perabotan rumah tanga. Air perasan jeruk lemon dapat mengurangi hingga menghilangkan noda tersebut. Caranya, letakkan perabotan berkarat tepat di bawah sinat matahari, lalu tuangkan air perasan lemon dan biarkan hingga mengering. Lakukan hal tersebut hingga noda karat menghilang.

Mengatasi wastafel yang tersumbat

Saluran air wastafel yang tersumbat dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu,  gosokkan potongan lemon di tempat saluran pembuangan wastafel untuk menghilangkan endapan mineral. Anda juga bisa menggosok keran dan seluruh permukaan wastafel dengan lemon untuk membuatnya lebih terlihat mengkilau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *