Dadakan, Korem 044/Gapo Tes Urine Anggota

Palembang (Lentera-Rakyat) — Secara mendadak tanpa sepengetahuan anggota, Korem 044/Gapo mengadakan tes urine terhadap seluruh prajurit dan PNS jajarannya. Tes urine ini diadakan usai melaksanakan apel pagi bertempat di Markas Korem 044/Gapo pada hari Jumat, (9/3/2018). Kegiatan itu untuk mengantisipasi adanya anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, baik pemakai maupun pengedar.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 044/Gapo Mayor Inf Aris Barunawan menjelaskan, cek urine merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Korem 044/Gapo.

”Sasarannya seluruh personel jajaran Korem 044/Gapo baik militer maupun PNS yang ada di Makorem, Kodim, Batalyon dan juga Koramil. Kegiatan ini rutin diadakan, tetapi dilakukan secara mendadak, tidak ada pemberitahuan lebih awal, juga pesertanya kami pilih secara acak,” urai Kapenrem.

Pengecekan urine kali ini diikuti oleh 48 prajurit dan PNS. Untuk pengecekan melibatkan dokter militer dari Denkesyah 02.04.04 Palembang. Korem tidak ikut campur pada hasil dari tes urine ini. ”Sehingga keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan. Kami tidak ikut campur, nanti hasilnya langsung diproses,” kata Perwira menengah dengan pangkat melati satu di pundak itu.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya prajurit yang positif menggunakan narkoba, Aris mengatakan, memproses sesuai aturan hukum yang berlaku. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada sanksi pemecatan seperti yang dijatuhkan kepada 19 prajurit Kodam II/Swj yang positif terlibat narkoba beberapa waktu yang lalu di Makodam II/Swj oleh Pangdam II/Swj.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen Korem 044/Gapo Letkol Inf Ikhsan menegaskan agar seluruh prajurit untuk menjauhi narkoba. Jika nantinya ditemukan ada prajurit yang terlibat narkoba, Ikhsan tidak segan-segan menjatuhkan sanksi hingga pemecatan. ”Kalau keterlibatan narkoba itu selain pemecatan juga akan ada sanksi yang lainnya,” tegas Ikhsan. (Penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas