10 Tanda Kurang Minum Air Putih

Jakarta (Lentera Rakyat) — Tubuh manusia membutuhkan kadar air yang cukup. Ada anggapan meminum segelas kopi atau segelas soda sudah cukup pengganti air, tapi sebenarnya tidak. Karena tubuh membutuhkan kandungan H2O yang bisa didapatkan dari air putih.

Kekurangan asupan air putih dapat diketahui dari beberapa penanda di tubuh, dari mulai mulut kering hingga menjadi sangat haus. Namun, di luar itu, ada sepuluh tanda lainnya yang dapat jadi perhatian, seperti dirangkum dari sejumlah sumber, berikut ini:

1. Kulit menjadi kering

Selain mulut kering, kekurangan asupan air juga membuat kulit kering. Kulit membutuhkan air agar tetap terhidrasi dengan baik, jika kulit tidak mendapat asupan air yang baik, tubuh menjadi sulit berkeringat dan tidak dapat membersihkan kotoran dari kulit.

2. Mata kering

Tanpa air yang cukup di dalam tubuh, saluran air mata akan mengering dan berpotensi dapat merusak mata.

3. Mengalami nyeri sendi

Tulang rawan dan tulang belakang terdiri dari 80% air, sehingga air menjadi kebutuhan mutlak untuk memastikan bahwa tulang tidak akan bergesekan ketika beraktivitas, seperti berlari, melompat atau terjatuh.

4. Kekuatan Otot menurun

Otot-otot manusia juga sebagai besar terdiri dari air. Minum air sebelum, selama dan sesudah latihan sangatlah penting untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat berolahraga.

5. Menjadi rentan sakit

Minum air mendorong tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Organ tubuh bekerja seperti mesin untuk menyaring racun tersebut. Namun, jika tidak mengisi ‘mesin’ tersebut dengan air, tubuh tak dapat berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

6. Merasa lelah dan letih

Jika tubuh kekurangan air, tubuh akan secara otomatis “meminjam” air dari darah. Ini dapat menyebabkan kurangnya oksigen yang disalurkan melalui darah sehingga lebih mudah merasa lelah dan letih.

7. Mengalami rasa lapar

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan berpikir bahwa ia membutuhkan makanan, sehingga seseorang akan lebih banyak mengonsumsi makanan.

8. Mengalami masalah pencernaan

Kekurangan air juga berpengaruh pada sistem pencernaan. Kurangnya air dapat menyebabkan kekuatan lendir di perut berkurang dan dapat menyebabkan asam lambung yang dapat merusak tubuh dari dalam.

9. Mengalami rasa sembelit

Selain mengalami masalah pencernaan, sembelit juga dapat terjadi jika kurang meminum air. Jika pasokan air yang dibutuhkan usus besar berkurang maka akan merasakan sembelit tersebut.

10. Mengalami kurangnya buang air kecil

Normalnya, manusia akan membuang air kecil sebanyak 4-7 kali tiap harinya. Selain frekuensi yang kurang, urine yang berwarna kuning gelap juga dapat jadi penanda kurang meminum air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas