Tradisi Warga Baru Pramuka Saka Wira Kartika

Empat Lawang (Lentera Rakyat) — Siswa siswi yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika Kolonel Yahya Bahar Binaan Koramil 405-06/Muara Pinang Kodim 0405/Lahat berjumlah 110 orang, sedang menuntaskan tradisi warga baru Pramuka Saka Wira Kartika dengan melewati berbagai aktifitas yang sudah turun menurun, yang berlangsung di Markas Koramil 405-06/Muara Pinang Kab. Empat Lawang Prov. Sumsel, Jumat (30/3/2018).

Gerakan Pramuka merupaka salah satu wadah pembinaan bagi generasi muda untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun masyarakat sebagai penerus generasi selanjutnya dalam mencapai tujuannya, dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari, pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 30 sd 31 Maret 2018 mulai pukul 07.00 s.d. 17.00 WIB bertempat di Markas Koramil 405-06/Muara Pinang Kab. Empat Lawang dengan dilaksanakan pendidikan dan latihan (Diklat) bagi anggota baru Saka Wira Kartika Koramil 405-06/Muara Pinang yang diikuti 110 orang terdiri dari 60 orang anggota senior dan 60 orang anggota baru.

Dalam sambutannya, Danramil 405-06/Muara Pinang Kapten Inf Sudiman yang disampaikan oleh Babinsa Koramil 405-06/Muara Pinang Serda Sahiman selaku Pembina Harian Saka Wira Kartika bahwa disiplin harus di bangun sejak dini, bertanggungjawab, jujur, mempunyai jiwa korsa yang tinggi serta iman dan taqwa, jika kondisi tersebut dikaitkan dengan berbagai ancaman dari dampak negatif yang ditimbulkan karena kemajuan teknologi saat ini yang cenderung berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung dan memberikan upaya terbaik guna menciptakan generasi muda yang cerdas, berkarakter, mandiri, tangguh beriman, bertakwa dan disiplin serta mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi.

Salah satu siswi yang terlantik menjadi anggota Saka Wira Kartika Nurmala merasa bangga terpilih sebagai anggota, Ia akan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang akan diemban kedepannya demi membanggakan Indonesia.

Tradisi penerimaan anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 405-06/Muara Pinang diawali dengan pemberian materi sesuai Krida yang ada di Saka Wira Kartika oleh anggota Koramil 405-06/Muara Pinang dilanjutkan penyiraman air bunga dan penyematan atribut Saka Wira Kartika secara simbolis oleh anggota senior dari Kwaran Muara Pinang. (Penrem-Dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *