TMMD Ke-101 Kodim 0402/OKI Gelar Penyuluhan Kesehatan Lingkungan

OKI (Lentera Rakyat) — Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 TA 2018 Kodim 0402/OKI, disamping melakukan kegiatan fisik seperti membangun jalan penghubung antara Dusun sepanjang 10 kilometer lebar 5 meter dan pembangunan atau rehap Masjid, Program TMMD Ke-101 Kodim 0402/OKI yang sedang berlangsung, kini juga terus melakukan kegiatan non fisik salah satunya kegiatan penyuluhan kesehatan lingkungan seperti yang dilakukan hari ini, Rabu (11/4/2018).

Kegiatan ini berlangsung di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI yang diikuti oleh puluhan warga masyarakat setempat.

Menurut Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, S.Sos. melalui Danramil 402-13/Sungai Menang Kapten Chb Jauhari selaku Perwira Pengawas TMMD Ke-101 Kodim 0402/OKI dan juga sebagai Komandan SSK mengatakan, penyuluhan ini digelar dengan maksud memberikan pemahaman tentang kesehatan dan penyakit berbahaya di lingkungan masyarakat.

“Kita menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten OKI sebagai narasumber yang memberikan pemahaman tentang kesehatan lingkungan kepada masyarakat,” kata Jauhari.

Sementara itu, Ibu Karla dari Dinkes sebagai penyuluh dihadapan puluhan warga Desa Sungai Ceper menerangkan, bahwa penyakit degeneratif merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghancuran terhadap jaringan tubuh. “Hal ini bisa terjadi saat seseorang memiliki gaya hidup yang tidak sehat,” terangnya.

Dia juga merincikan jenis penyakit degeneratif seperti asam urat, osteoporosis, diabetes militus, kolesterol, hipertensi, jantung, stroke, ginjal dan lain sebagainya.

“Mengatasinya, kita harus menjaga lingkungan tetap bersih dan memiliki gaya hidup yang sehat,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana dihalaman salah satu rumah warga ini, diikuti puluhan warga dengan sangat antusias. Tanya jawab seputaran dunia kesehatan juga terjalin antara narasumber dan warga.

Seperti diketahui, pelaksanaan program TMMD ke-101 TA 2018 Kodim 0402/OKI kali ini melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik. Kegiatan fisik seperti, pembuatan jalan sepanjang 10 Km dan pembangunan Masjid, sedangkan kegiatan non fisik seperti pengobatan gratis, sunatan massal, imunisasi difteri, pelayanana KB, pengentasan buta huruf Al Qur’an, penyuluhan wasbang, narkoba, kamtibmas, hukum, pertanian, kehutanan dan penyuluhan kesehatan lingkungan seperti yang hari ini dilaksanakan. (penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *