Kodim 0404/Muara Enim Latihan Posko I Penanggulangan Karhutla

Muara Enim (Lentera Rakyat) — Bertempat di halaman Markas Kodim 0404/Muara Enim  dilaksanakan acara pembukaan Latihan Posko I Kodim 0404/Muara Enim “Dempo Sakti XLVIII” TA. 2018 dalam rangka penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. yang diwakili oleh Kasirenops Korem 044/Gapo Letkol Inf Iman Firmansyah, Selasa (17/4/2018).

Dalam acara pembukaan latihan tersebut dihadiri oleh unsur-usur Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, Kasirenops Korem 044/ Letkol Inf Iman Firmansyah beserta jajaran Perwira Staf Korem 044/Gapo, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Teadi Aulia Mula Uji, S.E. beserta Perwira Staf dan para Danramil jajaran Kodim 0404/Muara Enim, serta perwakilan dari kesatuan dan instansi yang terkait.

Pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0404/Muara Enim yang mengambil tema “Kodim 0404/Muara Enim melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab. Muara Enim, Kab. Pali Dan Kota Prabumulih dalam rangka penanggulangan bencana alam Korem 044/Gapo akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17 hingga 19 April di Makodim 0404/Muara Enim.

Dalam sambutan Danrem 044/Gapo yang dibacakan oleh Kasirenops saat membuka latihan tersebut mengatakan, Kodim merupakan satuan kewilayahan yang bertugas untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan didarat yang dikenal dengan kegiatan pembinaan wilayah atau teritorial.

Untuk itu, Kodim beserta jajarannya dituntut untuk memiliki kemampuan yang handal dan selalu tanggap dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi di wilayahnya, seperti bencana alam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan lain sebagainya. Dalam mewujudkan hal tersebut diperlukan pula kerjasama antar pihak terkait.

“Sinergitas TNI dengan berbagai instansi dan semua komponen masyarakat sangatlah penting dalam rangka penanggulangan bencana alam. Dengan latihan ini diharapkan pula dapat meningkatkan sinergitas dan menciptakan situasi kondusif saat kegiatan penanggulangan bencana alam di wilayah jajaran Korem 044/Gapo,” katanya.

Sementara itu, Kapenrem 044/Gapo, Mayor Inf Aris Barunawan menambahkan, bahwa pelaksanaan latihan tersebut dilakukan mengingat perkembangan situasi di wilayah yang diakibatkan oleh adanya perubahan cuaca dan fenomena alam secara ekstrim di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah Sumatera Selatan yang rentan akan bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Oleh karena itu perlu kesiapsiagaan dari aparat Satkowil, khususnya personel Staf Kodim agar senantiasa profesional, tanggap dan handal dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, seperti penanganan Karhutla dan pemberian bantuan kemanusiaan yang mungkin bisa terjadi di wilayahnya,” pungkasnya. (penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *