Jaksa Cecar Bos First Travel: Ke Mana Uang Jemaah?

Jakarta (Lentera Rakyat) – Bos First Travel, Andika Surachman, dicecar soal duit setoran calon jemaah umrah. Jaksa mempertanyakan saldo rekening perusahaan yang beda jauh nominalnya dengan total setoran calon jemaah.

“Jemaah itu bayar uang kontan, kan. Itu ke mana uangnya? Di rekening Anda cuma Rp 8,8 miliar, yang mau berangkat 25 ribu dikalikan Rp 13 juta hampir Rp 400 miliar,” kata jaksa kepada Andika dalam persidangan di PN Depok, Jalan Boulevard, Cilodong, Depok, Jawa Barat, dikutif dari detik.com, Senin (23/4/2018).

“Itu yang perlu saya jelaskan. Ada akumulasi kerugian. Di situlah banyak yang terserap untuk menutupi kerugian tersebut,” jawab Andika.

Jaksa menyatakan kerugian First Travel tak masuk akal. Jaksa juga bertanya ada-tidaknya uang calon jemaah yang disimpan dalam rekening pribadi Andika.

“Kerugian Saudara ratusan persen. Nggak masuk akal. Itu ke mana? Apakah Anda simpan uang itu? Jemaah ribut kan bayar tidak pakai daun. Di mana Saudara buat uang itu?” tanya jaksa.

“Tidak ada saya menyimpan ataupun menyembunyikan uang itu,” jawab Andika.

Bos First Travel, Andika, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan, didakwa melakukan penipuan atau penggelapan terkait perjalanan umrah dan melakukan tindak pidana pencucian uang dengan pembelian aset menggunakan uang setoran calon jemaah.

Jaksa menyebut sebanyak 63.310 calon jemaah jadi korban karena gagal berangkat umrah dengan janji jadwal keberangkatan pada November 2016-Mei 2017. Akibat gagal berangkat, kerugian calon jemaah mencapai hampir Rp 1 triliun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas