Kominfo Sumsel Gelar Bimtek Layanan Online

Palembang (Lentera Rakyat) — Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan menggelar kegiatan Bimtek dan Sosialisasi Layanan APTIKA pertama kali di Indonesia yang dimaksud selain untuk pelayanan yang semakin baik, juga untuk mensosialisasikan layanan berbasis online yang dapat dimanfaatkan oleh pihak pemerintah dan pihak swasta.

Direktorat e-Business Kementreian Kominfo Azhar Hasyim, senin (23/04/2018) menyampaikan, dalam kegiatan yang berlangsung di Palembang kali ini akan memamparkan beberapa perkembangan yang dilakukan oleh pihak Kementerian Kominfo dalam memberikan layanan, baik antar pemerintah, masyarakat atau kepada pihak swasta.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut akan disosilaisasikan sekitar 14 jenis layanan yang dapat diakses melalaui layanan yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo dan itu tentunya terus dikembangakan di daerah termasuk di Sumatera Selatan.

“Semuanya sudah bisa diakses dan juga sudah dintegrasikan kepada semua layanan yang ada,” Katanya saat membuka kegiatan Bimtek dan Sosialisasi Layanan APTIKA di Graha Bina Praja Palembang

Target jangka pendek dari kegiatan Bimtek ini, adalah setiap instansi yang akan melaksanakan pelaporan yang akan mendapatkan layanan online bisa langsung saja mendaftar melalui sistem online yang sudah ada di layanan Diskominfo atau Kemenkominfo.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Sumsel Inanda Karina Astari Fatma, M.Si menyampaikan  sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) yaitu layanan kominfo go.id yang akan dilaksanakan  22-23 April 2018 adalah bentuk kerjasama yang baik antara Diskominfo Sumsel dan Kementerian Kominfo.

Menurutnya di Kementeraian Kominfo sudah ada layanan Kominfo go.id yaitu suatu domain atau portal yang menggambungkan seluruh layanan yang dimiliki oleh Kominfo pusat, lalu pemerintah Sumsel proaktif melalukan komuniaksi meminta supaya Sumsel sebagai provinsi pertama menyelenggarakan kegiatan Bimtek.

“ Alahmdulillah ini terwujud, selain itu karena ini sifatnya gratis dapat diakses oleh pemerintah maupun swasta, tentu perlu di sosialisasikan secara baik,” urai Inanda.

Dijelaskannya Bimtek  akan diadakan  dan diikuti oleh sekitar  50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan dan juga peserta dari Asosiasi e-commerce Indonesia dikuti sebanyak 50 orang peserta.

Ditegaskannya, Program ini sangant penting dalam pelayanan  publik yaitu Program layanan kominfo go.id yang terdiri dari siMaya, siCantik dan siMantra.

“Dari kegiatan ini kita harapkan  akan memperjelas Tugas dan Fungsi Dinas Kominfo Daerah lebih sebagai Juru Bicara Pemerintah Daerah maupun sebagai Media Pemerintah, yang kemudian semua Dinas Kominfo Daerah Kabupaten / Kota akan terintegrasi dalam satu pelayanan, menuju pelayanan publik di daerah dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *