Dandim 0418/Palembang Bekali Wasbang Di SMAN 1 Palembang

Palembang (Lentera Rakyat) — Bertempat di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Palembang Jln. Srijaya Negara Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, pada hari Rabu (9/5/2018) Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. menggelar safari merah putih.

Kegiatan safari merah putih di sekolah-sekolah ini merupakan bagian dari pendidikan wawasan kebangsaan (Wasbang) yang dilakukan oleh Kodim 0418/Palembang, karena pendidikan ini sangat penting diberikan kepada generasi muda terutama mereka yang pada usia pelajar, karena mereka adalah kader penerus bangsa yang bertugas mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dan gangguan.

Pada kesempatan ini, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palembang Drs. Eduwan, M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. yang telah berkenan hadir di Sekolah SMAN 1 Palembang dan memberikan  pembekalan Wasbang.

“Kami mewakili SMAN 1 Palembang mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0418/Palembang dengan pemberian pembekalan ini, agar siswa siswi dapat lebih mengerti apa makna dari wawasan kebangasaan itu sendiri dan siswa siswi akan lebih menghargai bangsa dan negaranya,” ungkap Eduwan.

Menurut Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. dalam pembekalannya menyampaikan, wawasan kebangsaan merupakan kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa, khususnya untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan pelajar dan juga mendorong percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Dalam sejarah bagaimana para pejuang terdahulu rela berkoban harta benda, keluarga dan bahkan jiwanya sendiri untuk kepentingan negara dan bangsa Indonesia, mereka yang telah berjuang  adalah Pahlawan terbaik bangsa, mari kita hargai dan kita jaga apa yang telah mereka perjuangkan,” terang Dandim.

Ia juga menjelaskan, sekarang kita harus mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI dengan melihat sejarah yang pernah kita alami dan itu sebagai cambuk untuk membuat kita tetap bersatu demi kedaulatan NKRI.

“Cara kita mempertahankan NKRI adalah dengan berjiwa patriotisme, mengamalkan Pancasila, mempunyai jiwa kesatria untuk membela NKRI, saling menghargai atar sesama dan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan,” urai Letkol Honi.

Selain itu, mantan Danyonif Raider 200/BN ini juga memberikan semangat untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dan menjelaskan bagaimana negara luar akan menghancurkan negara.

“Negara luar akan menghancurkan negara kita dengan melemahkan idiologi Pancasila, pelemahan generasi muda dengan penggunaan narkoba, tidak saling menghargai antar umat beragama, adat istiadat yang dilupakan dan mementingkan kepentingan pribadi atau golongan,” pungkas Dandim. (penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas