Apel Kesiagaan Personel & Materil Penanggulangan Karhutbunla

Banyuasin (Lentera Rakyat) — Bertempat di halaman pemerintah Kabupaten Banyuasin, pada hari Senin (14/5/2018) Pgs. Dandim 0430/Banyuasin Mayor Czi Agus Supriyadi yang diwakili oleh Danramil 430-03/Mariana Kapten Kav Suherman mendampingi Plt. Bupati Banyuasin Bapak Ir. S.A. Supriono, M.M. memimpin Apel kesiagaan personel dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) tahun 2018.

Apel kesiagaan ini diikuti lebih dari 1.000 personel gabungan dari unsur TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah Kab. Banyuasin meliputi Damkar, BPBD, Manggala Agni, TRC BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Kesbangpol Linmas, Satpol PP, PMI, dan OPD Kwarda Pramuka Banyuasin serta Masyarakat Peduli Api Kab. Banyuasin.

Plt. Bupati Banyuasin Ir. S.A. Supriono, M.M. mengatakan, pencegahan Karhutbunla lebih diutamakan di lapangan dalam bentuk sosialisasi, pemberdayaan masyarakat. “Apel hari ini (kemarin,red) sejalan dengan arahan Presiden RI pada Rakornas Karhutla, bahwa untuk tahun 2018 kegiatan pencegahan Karhutbunla lebih diutamakan di lapangan dalam bentuk sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, penguatan kapasitas kelembagaan Desa peduli api, pengecekan lapangan titik api (hotspot) dan penggerakan Posko pengendalian kebakaran,” ujar Ir. S.A. Supriono.

Pengalaman el nino tahun 2015 menjadi pelajaran namun berkat konsolidasi, koordinasi yang intensif dan dukungan dari berbagai elemen yang ada di Kabupaten Banyuasin disertai kondisi cuaca yang kondusif, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Banyuasin tahun 2016 dan 2017 turun sangat signifikan.

“Tahun ini dalam upaya pencegahan kebakaran lebih dini, sejak 1 Februari 2018 telah ditetapkan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan di Kabupaten Banyuasin,” terang Plt. Bupati Banyuasin.

Sementara itu, Danramil 430-03/Mariana Kapten Kav Suherman menyampaikan, bahwa tujuan dari diselenggarakannya apel kesiagaan ini untuk mengecek kesiapan personel maupun peralatan dalam mengantisipasi guna mencegah timbulnya asap akibat kebakaran hutan, kebun dan lahan. Sesuai instruksi Gubernur Sumsel, bahwa wilayah Sumsel pada tahun 2018 Zero Asap, mengingat pada tahun ini akan ada hajat besar yaitu penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018.

“Pengecekan personel dan perlengkapan perlu dilakukan untuk mengetahui kesiapan dalam pencegahan Karhutbunla di wilayah Kabupaten Banyuasin guna mendukung Zero Asap menghadapi Asian Games 2018,” terang Danramil Mariana (Penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas