Kodim 0418/Palembang Dan Polresta Palembang Gelar Patroli Bersama

Palembang (Lentera Rakyat) — Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. dan Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono bersama jajarannya masing-masing menggelar patroli bersama di wilayah Kota Palembang pada hari Sabtu (26/5) sore hingga malam dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail maupun kendaraan patroli roda empat.

 

Sebelum kegiatan patroli dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan apel pengecekan personel dan perlengkapan secara bersama-sama di Markas Polresta Palembang secara langsung diambil oleh Dandim 0418/Palembang dan Kapolresta Palembang. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan patroli bersama ke beberapa tempat ibadah dan tempat yang menjadi pusat keramaian masyarakat di Kota Palembang.

 

Terlihat kedua pimpinan Kodim 0418/Palembang dan Polresta Palembang ini menggunakan kendaraan sepeda motor trail, walaupun diguyur hujan deras, mereka tetap melakukan patroli demi keamanan di wilayah Kota Palembang.

 

Menurut Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu, kegiatan patroli bersama ini dilakukan dalam upaya pihaknya bersama TNI AD, mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan ancaman teror bom yang terjadi beberapa waktu lalu di Surabaya yang memakan korban jiwa sebanyak 10 orang dan melukai 41 orang di tiga Gereja terpisah.

 

Ia mengungkapkan, pihaknya melakukan patroli rutin kali ini dengan melibatkan sekitar 100 personel TNI-Polri dengan persenjataan lengkap, juga melakukan penebalan keamanan di rumah ibadah (Gereja), obyek perbelanjaan (Mall) yang sering jadi pusat keramaian masyarakat.

“Pengamanan kami lakukan bersama-sama dengan TNI dalam hal ini Kodim 0418/Palembang. Anggota Polri bersama TNI melakukan patroli bersama ke Gereja-Gereja, dan pusat perbelanjaan, dan kegiatan kesiagaan ini dilakukan hingga waktu yang tak ditentukan,” ucap Kombes Pol Wahyunya.

 

Ditambahkan Perwira dengan melati tiga dipundaknya ini, kekompakan antara Polri dan TNI sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi Kamtibnas di Kota Palembang agar tetap dalam situasi kondusif. “Polri dan TNI diharapkan kompak, dalam menjaga wilayah kita tetap kondusif diperlukan langkah tepat, yaitu dengan langkah preventif bahkan represif,” tandasnya.

 

Sementara itu, Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS. menambahkan, dengan adanya Pilkada serentak dan event Internasional Asian Games XVIII tahun 2018 dalam waktu dekat yang akan digelar di Kota Palembang, pihaknya bersama jajaran Kepolisian tidak ingin kecolongan akan aksi teror atau radikalisme, sehingga pihaknya ingin memastikan pengamanan akan ditingkatkan dengan menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Palembang.

“Apalagi 2 bulan kedepan ada event Internasional Asian Games, yang jelas TNI dan Polri itu penting menjaga keamanan NKRI, dan harus solid guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Kota Palembang, sehingga bisa bermanfaat,” terang Letkol Honi. (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *