Korem 044/Gapo Peringati Nuzulul Qur’an Dan Safari Ramadhan Pangdam II/Swj

Palembang (Lentera Rakyat)  — Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat bagi umat muslim, sehingga dalam kondisi lapar dan haus, mampu mengendalikan diri dari perbuatan tercela serta memperbanyak ibadah dan amal, serta mengharap datangnya hikmah Nuzulul Qur’an pada bulan suci Ramadhan 1439 H, sehingga membuat semua umat lebih berinstropeksi diri. Hal ini disampaikan Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. pada sambutannya dalam acara Safari Ramadhan Pangdam II/Swj dan peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H bertempat di Masjid Al-Ikhlas Makorem 044/Gapo, Jumat malam (1/6/2017).

 

Kegiatan yang dihadiri sekitar 400 orang dari perwakilan prajurit dan ASN Kodam II/Swj serta Persit se-Garnizun Palembang ini, diawali dengan pemberian santunan kepada anak Yatim dari Panti Asuhan Riski Amaliah dan Panti Asuhan Al Ikhlas Palembang sebelum pelaksanaan shalat isya’ dan tarawih bersama, dilanjutkan dengan sambutan Danrem 044/Gapo dan sambutan Pangdam II/Swj serta Tausiah atau siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I. selanjutnya diakhiri dengan acara ramah tamah.

 

Sementara Pangdam II/Swj yang diwakili olah Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr (Han) menyampaikan, tujuan dari kegiatan Safari Ramadhan 1439 H adalah mengajak seluruh unsur pimpinan Kodam II/Swj, prajurit dan PNS beserta keluarga besar Kodam II/Swj untuk dapat memanfaatkan momen puasa sebagai sarana meningkatkan silaturahmi dan kepedulian antar sesama.

 

Ditempat yang sama  Ustadz Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd.I.  dalam tausiah atau siraman rohaninya menyampaikan tentang sejarah dan hikmah diturunkannya Al Qur’an oleh Allah SWT kepada manusia di muka bumi melalui Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan bimbingan bagi umat manusia.

Disampaikannya, bahwa Allah SAW menurunkan Al-Qur’an kepada Rasul kita Muhammad SAW demi untuk membimbing manusia, turunnya Al-Qur’an merupakan peristiwa besar yang sekaligus menyatakan tinggi kedudukannya bagi penghuni langit dan bumi dan turunnya Al-Quran pertama kali jatuh pada malam Lailatul Qadar yaitu malam 17 Ramadhan tahun 10 H atau pada saat Nabi Muhammad SAW berumur 41 tahun dan turunnya secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari. “urainya”.

 

Lebih lanjut Ustadz Fajri, menyampaikan tentang keutamaan umat muslim berpuasa ramadhan adalah karena pada bulan diturunkannya Al-Qur’an, Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda, Bulan Pernuh Keberkahan, Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa, Terdapat Malam Lailatul Qadar.

“Sebagai umat Islam yang menjalankan amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda,” jelas Ustadz Fajri. (penrem-dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *