Survey LSI: Pasangan Dodi-Giri Berpeluang Menang

Palembang (Lentera Rakyat)  — Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA, merilis jika Pilkada digelar hari ini, maka pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda berpeluang besar menjadi pemenang di Pilkada Sumsel.

Peneliti senior LSI Rully Akbar pada saat merilis hasil survey di lantai 17 Hotel Aryaduta Palembang, Jumat (08/06/2018) mengatakan elektabilitas pasangan ini mencapai elektabilitas Dodi-Giri 27,7 persen, HDMY (23,2 persen), Ishak Mekki-Yudha Mahyudin (18,4 persen), dan Aswari-Irwansyah (8,6 persen).

Ia juga menyampaikan untuk sementara massa mengambang cukup tinggi yakni mencapai sebesar 22,1 persen.

“Melihat kondisi ini tentu dapat disimpulkan sementara, Pilkada Sumsel yang berpeluang kauat ada dua pasangan Dodi-Giri, HD-MY, mereka akan berkompetisi ketat sampai harai penmungutan suara nanti,” ujarnya

Lebih lanjut Rully menyampaikan, survey digelar pada 1-5 Juni menggunakan medote multi stage random sampling dengan sebaran 1.000 responden di kabupaten/kota dan margin of error 3,16 persen.

“Ada 22 persen swing voters atau pemilih galau, artinya masih bisa direbut oleh semua pasangan calon,” paparnya.

Ada alasan yang menyebutkan kenapa survey Dodi tinggi melampaui kandidat lainnya karena kinerja Gubernur Alex Noerdin sangat dan cukup puas mencapai 77,7 persen. Hal ini berdampak pada pasangan calon yang didukung Gubernur pada Pilkada.

“Tentu tak dapat difungkiri kalau adanya asosiasi yang kuat antara Alex dan Dodi. Itu menjadikan masyarakat yakin bahwa Dodi-lah yang bisa melanjutkan program yang sudah ada menggantikan pak Alex kedepan,” tuturnya.

Ditambahkan Rully, berbicara masalah waktu yang terbilang sudah mepet, tentu sangat sulit bagi kandidat lain untuk melampui pasangan Dodi-giri yang saat ini trennya semakin menanjak.

“Nah kalau kita berbicara tentang apa yang namanya kemungkinan ada faktor Money politik, itu tentu tidak akan merubah secara langsung tren yang ada, itu tentunya  hanya semacam pelumas untuk meyakinkan pemilih sendiri bukan pemilih lain. Bisa dipastikan tidak akan  berhasil merubah peta yang sudah ada saat ini,” tegas Rully (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas